androidvodic.com

Amerika Serikat Luncurkan Program Khusus untuk Pengungsi Ukraina - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah membuat situs web di mana orang Amerika dapat mengajukan permohonan sponsor untuk warga Ukraina yang mencari suaka sementara di negara tersebut.

Pekan lalu, Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengumumkan inisiatif Persatuan untuk Ukraina, yang memungkinkan orang Amerika mensponsori pengungsi Ukraina di AS.

Dikutip dari laman Ukrinform, Rabu (27/4/2022), situs web ini hanya terbuka untuk calon pendukung di AS dan berisi tautan ke formulir yang mengkonfirmasi kemampuan finansial seseorang untuk bisa lolos menjadi sponsor.

Menurut Kedutaan Besar Ukraina untuk AS, mulai 25 April lalu, individu dan badan hukum di AS dapat mengajukan permohonan ke Departemen Keamanan Dalam Negeri negara itu untuk mendukung warga Ukraina yang mengungsi akibat agresi militer Rusia.

Pengajuan permohonan ini berada di bawah program United for Ukraina yang akan dipublikasikan pada situs web DHS.

Setiap warga negara atau individu AS yang secara sah tinggal di AS, serta organisasi non-pemerintah lokal, akan dapat mensponsori warga Ukraina yang melarikan diri dari perang.

Baca juga: Pertempuran Masih Berlanjut, Militer Rusia Rebut Dua Kota di Donbas Bagian Ukraina Timur

Individu dan organisasi yang ingin mendukung warga negara Ukraina di AS akan diminta untuk menyatakan dukungan keuangan mereka dan menjalani pemeriksaan yang diperlukan.

Hal ini dianggap perlu dikakukan untuk melindungi warga Ukraina dari eksploitasi dan penyalahgunaan.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada Kamis lalu terkait peluncuran program 'Uniting for Ukraina' yang akan memungkinkan para pencari suaka datang dari Eropa ke AS.

Menurut Biden, program ini akan melengkapi kesempatan untuk tinggal secara legal bagi warga negara Ukraina di AS, termasuk penerbitan visa migrasi dan status pengungsi.

Untuk tujuan ini, para migran harus memiliki sponsor Amerika, termasuk keluarga atau organisasi non-pemerintah.

Baca juga: Rusia Disebut Telah Meluncurkan 1.300 Rudal di Ukraina Sejak Awal Invasi

Di bawah program tersebut, warga Ukraina akan diizinkan untuk tinggal di AS hingga dua tahun dengan hak untuk melamar pekerjaan.

Agar memenuhi syarat, warga Ukraina harus berada di Ukraina pada 11 Februari 2022, memiliki sponsor di AS, menjalani vaksinasi dan berkomitmen pada persyaratan perawatan kesehatan lainnya, serta pemeriksaan biometrik, biografi dan keamanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat