androidvodic.com

WHO: Hampir 200 Kasus Cacar Monyet Telah Dilaporkan di Lebih dari 20 Negara - News

News - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hampir 200 kasus cacar monyet telah dilaporkan di lebih dari 20 negara, The Associated Press melaporkan.

Selama briefing pada hari Jumat, badan kesehatan PBB itu mengatakan masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang apa yang memicu wabah cacar monyet terjadi di luar Afrika.

"Pengurutan pertama virus menunjukkan bahwa jenisnya tidak berbeda dari jenis yang dapat kita temukan di negara-negara endemik dan (wabah ini) mungkin lebih disebabkan oleh perubahan perilaku manusia," kata dokter Sylvie Briand, direktur pandemi WHO dan penyakit epidemik.

Awal pekan ini, seorang penasihat utama WHO mengatakan wabah di Eropa, AS, Israel, Australia dan sekitarnya kemungkinan terkait dengan seks di dua rave baru-baru ini di Spanyol dan Belgia.

Itu menandai penyimpangan yang signifikan dari pola penyebaran cacar monyet yang menyebar di Afrika tengah dan barat, di mana orang-orang terutama terinfeksi oleh hewan seperti hewan pengerat dan primata liar.

Baca juga: Spanyol Laporkan 84 Kasus Cacar Monyet, Tertinggi di Eropa

Baca juga: Mengenal Lima Definisi Kasus Cacar Monyet atau Monkeypox Mulai Suspek sampai Discarded

Meskipun WHO mengatakan hampir 200 kasus cacar monyet telah dilaporkan, tampaknya masih banyak kasus yang belum dikonfirmasi.

Pada hari Jumat, pihak berwenang Spanyol mengatakan jumlah kasus di sana telah meningkat menjadi 98 kasus.

Cacar monyet di negara itu juga terjadi pada seoarang wanita, yang berhubungan langsung dengan rantai penularan yang sebelumnya terbatas pada pria, menurut pejabat di wilayah Madrid.

Pejabat Inggris menambahkan 16 kasus lagi ke penghitungan cacar monyet mereka, sehingga total kasus menjadi 106

Sementara Portugal mengatakan total kasusnya melonjak menjadi 74 kasus.

Pihak berwenang di Argentina pada hari Jumat melaporkan kasus cacar monyet pada seorang pria dari Buenos Aires, menandai infeksi pertama di Amerika Latin.

Para pejabat mengatakan pria itu baru-baru ini melakukan perjalanan ke Spanyol dan sekarang mengalami gejala cacar monyet, termasuk luka dan demam.

Dokter di Inggris, Spanyol, Portugal, Kanada, AS, dan di tempat lain telah mencatat bahwa mayoritas infeksi hingga saat ini terjadi pada pria gay dan biseksual, atau pria yang berhubungan seks dengan pria.

Penyakit ini tidak lagi mempengaruhi orang karena orientasi seksual mereka dan para ilmuwan memperingatkan virus itu dapat menginfeksi orang lain jika penularannya tidak dihentikan.

Roche mengklaim berhasil menemukan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat mendeteksi penyakit cacar monyet (Monkeypox), saat virus itu menyebar ke luar dari negara endemik.
Roche mengklaim berhasil menemukan alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat mendeteksi penyakit cacar monyet (Monkeypox), saat virus itu menyebar ke luar dari negara endemik. (rte.ie)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat