androidvodic.com

Dubes Rusia untuk Amerika Mengaku Diminta Mengkritik Pemerintahan Putin - News

News - Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat, Anatoly Antonov, mengaku menerima pesan yang memintanya membuat pernyataan menentang pemerintah Rusia.

"Baru-baru ini saya menerima surat, dengan seruan untuk mengecam tanah air saya dan mengutuk tindakan Presiden Rusia."

"Dan saya direkomendasikan untuk melakukan penyelidikan ke kantor Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman jika saya siap menerima proposal," katanya kepada acara Bolshaya Igra di Channel One Rusia pada Selasa (7/6/2022), dikutip dari TASS.

Antonov menambahkan, bahwa Kedutaan Rusia telah menuntut penjelasan dari Departemen Luar Negeri AS atas masalah ini.

Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoliy Antonov
Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoliy Antonov (Business Insider)

Baca juga: Duta Besar AS untuk Moskow: Rusia Seharusnya Tidak Tutup Kedutaan Amerika

Baca juga: Rusia Dituduh Tahan 600 Orang di ‘Ruang Penyiksaan’ Bawah Tanah Termasuk Wartawan, Ini Perlakuannya

"Saya tidak berpikir bahwa duta besar AS atau diplomat AS di Moskow menerima surat semacam ini, yang menurut saya provokatif," katanya. 

"Ketika saya melihat publikasi media AS menyerukan prajurit dan diplomat Rusia untuk mengkhianati tanah air mereka, saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan penolakan saya terhadap langkah tersebut," tambahnya.

Menurut diplomat itu, beberapa orang terlihat membagikan kartu dengan nomor telepon di luar Kedutaan Rusia dan mengundang stafnya untuk "berkomunikasi dengan agen FBI."

Namun duta besar Moskow ini mengaku tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah orang-orang itu memang agen khusus atau hanya sekadar pencela.

Dalam wawancaran itu, Antonov juga menyinggung soal dialog stabilitas strategis antara AS dan Moskow.

Ia mengatakan, pihak AS telah membekukan dialog itu untuk waktu yang tidak ditentukan dan tidak lagi menganggapnya sebagai prioritas di tengah konflik Ukraina.

"Pada 25 Februari, atas inisiatif Washington, dialog strategis dibekukan untuk waktu yang tidak ditentukan. Kami diberitahu bahwa pemerintah (AS) tidak melihat pengendalian senjata sebagai prioritasnya di tengah operasi militer khusus Rusia," katanya, dikutip dari media Rusia, TASS.

Duta Besar Rusia ini menyebut, Moskow siap untuk dialog serius dan profesional tentang masalah ini dengan pihak AS.

Kendati demikian, pihaknya juga tidak akan mendesak dimulainya kembali dialog tersebut.

"Kami, pihak Rusia, siap untuk melakukan pembicaraan serius dan profesional dengan Amerika tentang masalah ini, karena ini adalah kepentingan kami, dan saya yakin itu juga untuk kepentingan AS dan komunitas internasional juga. Tapi, yang penting, kami tidak akan mengejar Amerika," kata Antonov.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat