androidvodic.com

Singapura Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama di Asia Tenggara yang Libatkan Pria Inggris - News

News - Singapura telah melaporkan kasus monkeypox atau cacar monyet pertama yang dikonfirmasi di Asia Tenggara tahun ini, CNN melaporkan.

Kasus di Singapura melibatkan seorang pria Inggris yang berada di negara kota itu antara 15 dan 17 Juni.

Dia dinyatakan positif cacar monyet pada hari Senin setelah mengalami ruam kulit dan mengalami sakit kepala dan demam minggu lalu.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan selama di negaranya pria itu menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar hotel.

Dia hanya keluar hotel untuk mengunjungi tempat pijat dan makan di tiga tempat makan pada 16 Juni.

Baca juga: IDI Terbitkan Rekomendasi Pencegahan Covid-19, Cacar Monyet dan Hepatitis Akut

"Selama periode ini, dia sebagian besar tinggal di kamar hotelnya kecuali untuk mengunjungi tempat pijat dan makan di tiga tempat makan pada 16 Juni," kata Kementerian Kesehatan Singapura, Selasa (21/6/2022).

13 orang yang terlibat kontak dekat dengan pria itu telah diidentifikasi dan pelacakan kontak sedang berlangsung, kata Kementerian itu.

Kementerian menambahkan kini pria itu dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular.

Sementara itu, di Korea Selatan, salah satu kasus yang dicurigai melibatkan orang asing yang memasuki negara itu pada hari Senin dibawa ke rumah sakit di Kota Busan setelah mengalami lesi kulit.

Kasus terduga lainnya adalah seorang warga negara Korea Selatan yang melaporkan diri ke Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea setelah tiba kembali di negara itu dari Jerman pada hari Rabu.

KCDA mengatakan orang Korea Selatan yang sekarang dirawat di sebuah fasilitas di Seoul telah melaporkan mengalami sakit kepala sebelum terbang dan mengalami demam, sakit tenggorokan, kelelahan, dan lesi kulit saat tiba di negara itu.

KCDA mengatakan sedang melakukan tes dan akan mengadakan pengarahan setelah hasilnya keluar.

Cacar monyet dianggap sebagai sepupu cacar yang tidak terlalu parah, memiliki masa inkubasi tujuh hingga 14 hari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Gejala awal biasanya seperti flu, seperti demam, menggigil, kelelahan, sakit kepala dan kelemahan otot, diikuti dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat