androidvodic.com

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Mundur, Ini Deretan Calon Penggantinya - News

News - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, resmi mengundurkan diri sebagai kepala pemerintahan dan pemimpin Partai Konservatif.

Boris Johnson akhirnya mengikuti desakan para menteri dan anggota parlemen dari partainya untuk mundur, setelah sebelumnya bersikeras tetap menjabat.

Dalam pengunduran dirinya pada Kamis (7/7/2022) kemarin, Johnson berjanji tidak akan membuat kebijakan besar hingga ia menemukan penggantinya.

Lantas, siapa selanjutnya yang akan menduduki kursi Perdana Menteri Inggris?

Berikut sosok potensial yang bisa menggantikan Boris Johnson, menurut laporan CNN dan Reuters:

1. Rishi Sunak

Rekaman video dari rekaman yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak, saat ia berbicara di Komite Pemilihan Perbendaharaan Parlemen, di pusat kota London pada 6 Juni 2022.
Rekaman video dari rekaman yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak, saat ia berbicara di Komite Pemilihan Perbendaharaan Parlemen, di pusat kota London pada 6 Juni 2022. (HO / PRU / AFP)

Baca juga: Sosok 5 Calon Pengganti Boris Johnson sebagai PM Inggris, Rishi Sunak hingga Suella Braverman

Mantan Menteri Keuangan Inggris ini dipandang tepat untuk menggantikan Boris Johnson, setelah kinerjanya terhadap keuangan Inggris selama pandemi Covid-19 mendapat pujian.

Namun, popularitasnya menurun awal tahun ini, setelah istrinya kedapatan memiliki status pajak non-domisili di Inggris dan terungkap bahwa ia memegang kartu hijau AS saat menjabat menteri.

Elektabilitasnya semakin merosot dengan krisis biaya hidup yang melanda Inggris.

Usaha Sunak menekan inflasi yang melonjak, mendapat kritikan oleh partai oposisi karena dinilai lambat dan tidak tepat.

2. Sajid Javid

Rekaman video yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan sekretaris kesehatan Inggris yang akan keluar Sajid Javid membuat pernyataan selama sesi mingguan Pertanyaan Perdana Menteri (PMQ) di House of Commons di London pada 6 Juli 2022.
Rekaman video yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan sekretaris kesehatan Inggris yang akan keluar Sajid Javid membuat pernyataan selama sesi mingguan Pertanyaan Perdana Menteri (PMQ) di House of Commons di London pada 6 Juli 2022. (Handout / PRU / AFP)

Javid adalah menteri kabinet pertama yang mengundurkan diri sebagai protes atas skandal Boris Johnson yang baru terungkap.

Diketahui, eks perdana menteri itu mempromosikan seorang anggota Partai Konservatif yang tersandung kasus pelecehan seksual.

Mantan bankir ini telah menduduki berbagai jabatan di kabinet, dan terakhir sebagai Menteri Kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat