androidvodic.com

Ini Plot Spion Ukraina dan Barat Membajak Pesawat Canggih Rusia, Pilot Ditawari Uang dan Wanita - News

News – Aksi spionase yang berusaha membajak jet-jet tempur Rusia terbongkar.

Gerakan itu melibatkan seorang 'penyelidik utama Rusia' bersama seorang pilot Rusia dan tokoh terkemuka dari organisasi investigasi yang didanai pemerintah AS Bellingcat .

Para mata-mata tersebut terlibat dalam skema tersebut, yang diyakini “diawasi oleh badan intelijen NATO. ." Layanan Keamanan Federal atau agen rahasia Rusia (FSB) secara khusus menuding ke operasi intelijen Inggris.

Christo Grozev, 'penyelidik utama Rusia' gadungan dengan Bellingcat, mengkonfirmasi pada hari Senin keterlibatannya dalam plot intelijen Ukraina untuk menghasut pilot militer Rusia untuk membelot dan membajak pesawat mereka.

Baca juga: Rusia Cari Dukungan ke Afrika, Menlu Sergey Lavrov Temui Presiden Kongo

Russia Today melaporkan, anggota senior dari kelompok kontroversial yang didanai Barat, bagaimanapun, menantang cerita yang diceritakan oleh pihak Rusia.

Layanan Keamanan Rusia (FSB) telah menyajikan "campuran tradisional 'bukti' palsu dan fakta yang ditafsirkan secara longgar" tentang perselingkuhan itu, klaim Grozev, menolak tuduhan terlibat langsung dalam plot tersebut.

Menurut seorang perantara yang ditahan oleh intelijen Rusia, dia telah menerima perintah langsung dari Grozev tentang cara mengirimkan uang tunai kepada pilot dengan imbalan video yang membuktikan bahwa mereka benar-benar memiliki akses ke pesawat tempur.

"Namun, yang benar adalah saya terlibat dalam cerita yang lebih gila dari fiksi tentang agen rangkap tiga, paspor palsu, dan pacar palsu - sebagai pembuat film dokumenter," katanya, di utas panjang Twitter tentang masalah ini.

Pesawat jet Su-34  milik Rusia yang diplot akan dibajak oleh militer Ukraina 1
Pesawat jet Su-34 milik Rusia yang diplot akan dibajak oleh militer Ukraina

Namun, Grozev tidak secara langsung membahas klaim yang dibuat terhadapnya oleh tersangka yang ditahan.

“Grozev… sebenarnya tidak menjelaskan apa-apa kepada saya, dia hanya memberi tahu saya nama kurir yang akan mengantarkan uang dengan kereta api,” klaim tersangka.

Grozev juga bersikeras bahwa seluruh urusan pada akhirnya menjadi "kesalahan serius" bagi intelijen Rusia daripada sukses.

Dia mengklaim bahwa intelijen telah mengungkapkan secara tidak sengaja [identitas] lusinan petugas kontra intel, metode operasi mereka, dan aset rahasia mereka.

” Salah satu pilot, misalnya, tiba-tiba memutuskan untuk melarikan diri dari Rusia dengan dugaan "kekasih" bukan istrinya, segera menimbulkan kecurigaan dari tim”.

Terutama, tersangka "kekasih" dianggap " terlalu panas" untuk pilot, sementara kontak teleponnya menyarankan dia berhubungan dengan petugas kontra intelijen FSB, menurut Grozev.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat