androidvodic.com

Kapal Pertama Pengangkut Gandum Ukraina Telah Melewati Selat Bosphorus Menuju Lebanon - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, ISTANBUL – Kapal pertama yang mengangkut gandum Ukraina telah melewati Selat Bosphorus pada Rabu (3/8/2022) dan saat ini dalam perjalanan menuju Lebanon.

Sebelumnya, kapal Razoni telah meninggalkan Pelabuhan Odesa di Laut Hitam pada Senin (1/8/2022) pagi dengan membawa sebanyak 26.527 ton jagung dan telah berlabuh di pintu masuk Selat Bosphorus pada Selasa (2/8/2022) malam.

Pengiriman itu dimungkinkan setelah Turki dan PBB menengahi kesepakatan ekspor biji-bijian dan pupuk antara Moskow dan Kyiv pada bulan lalu.

Baca juga: Pertama Kali sejak Invasi, Kapal Gandum Ukraina Masuk Turki dan Bersiap ke Lebanon

Dilansir dari Reuters, Kamis (4/8/2022) kapal Razoni memasuki Selat Bosphorus sekitar pukul 11.30 waktu setempat, setelah selesainya inspeksi oleh personel Rusia, Ukraina, Turki, dan PBB yang bekerja di Pusat Koordinasi Gabungan (JCC) di dekat Istanbul.

Sementara itu, Ukraina mengatakan masih memiliki 17 kapal lagi yang memuat produk pertanian, dan saat ini menunggu persetujuan untuk berlayar.

Duta Besar Ukraina untuk Lebanon, Ihor Ostash, mengatakan kapal Razoni diperkirakan akan tiba di pelabuhan Tripoli dalam empat hingga lima hari ke depan.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric mengatakan bahwa saat ini lebih banyak kapal sedang direncanakan untuk keluar dari Ukraina, menambahkan bahwa sekitar 27 kapal dicakup oleh kesepakatan ekspor.

Wakil ketua Dewan Agraria Ukraina, Denys Marchuk mengatakan pada briefing hari Rabu (3/8) bahwa Ukraina juga ingin memasukkan pelabuhan di wilayah Mykolaiv ke dalam kesepakatan.

Baca juga: Pembicaraan Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdogan akan Bahas Kesepakatan Gandum Ukraina

"Kementerian infrastruktur dan kementerian pertanian mulai aktif berdiskusi dengan dewan koordinasi di Istanbul bahwa mungkin perlu melibatkan pelabuhan lain, khususnya di wilayah Mykolaiv," katanya.

Marchuk mengatakan Ukraina telah mengekspor 5 hingga 6 juta ton biji-bijian per bulan melalui pelabuhan lautnya sebelum perang, tetapi untuk saat ini tidak mungkin mencapai jumlah itu dengan alasan konflik yang masih berlanjut dan tidak semua pelabuhan beroperasi.

Ukraina Akhirnya Kembali Ekspor Gandum

Sebuah kapal bermuatan gandum Ukraina telah meninggalkan pelabuhan Laut Hitam di Odesa untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Kapal Gandum Pertama Ukraina Berlayar ke Lebanon, Krisis Pangan Global Diharapkan Mereda

Ukraina akhirnya bisa kembali mengekspor gandum pada Senin (1/8/2022), setelah PBB dan Turki menengahi kesepakatan antara Rusia dan Ukraina bulan lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat