androidvodic.com

Serangan Kelompok Bersenjata di Mali Tewaskan 42 Tentara - News

News - Sebuah serangan kompleks dan terkoordinasi terjadi di wilayah tengah Mali.

Akibat serangan itu 42 tentara tewas.

Insiden itu meningkatkan jumlah korban tewas sebelumnya yaitu 17 tentara.

Serangan di kota Tessit di wilayah Gao pada hari Minggu (7/8/2022) adalah salah satu yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir bagi pasukan keamanan Mali yang memerangi kelompok-kelompok bersenjata di wilayah tersebut.

Pihak berwenang pada hari Senin (8/8/2022) mengatakan setidaknya empat warga sipil juga tewas dalam serangan itu, yang menonjol karena kecanggihannya.

Dalam pembaruan terbarunya pada hari Rabu (10/8/2022), pemerintah mengatakan 22 tentara juga terluka, sementara 37 lainnya tewas.

Baca juga: Tentara Prancis Klaim Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas di Mali

“Unit tentara Mali di Tessit … bereaksi keras terhadap serangan kompleks dan terkoordinasi oleh kelompok teroris bersenjata, mungkin dari Negara Islam di Sahara Besar (ISGS), yang ditandai dengan penggunaan pesawat tak berawak, bahan peledak, bom mobil, dan artileri,” katanya, seperti dilansir Al Jazeera.

Pernyataan itu mengatakan laporan operasi rahasia, penerbangan, menunjukkan dengan tegas bahwa teroris telah menerima dukungan besar, termasuk keahlian dari luar.

Pada hari Rabu, pihak berwenang mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Kekerasan telah berlangsung di Mali selama satu dekade, dengan krisis yang dipicu pada 2012 ketika separatis etnis Tuareg menguasai bagian utara negara itu.

Pemberontakan itu dibajak oleh kelompok-kelompok bersenjata yang dalam beberapa tahun terakhir telah memanfaatkan kekosongan keamanan di wilayah tengah negara yang berbatasan dengan Burkina Faso dan Niger, dengan cabang-cabang ISIL (ISIS) dan al-Qaeda memicu ketegangan komunal atas berkurangnya sumber daya saat mereka memperebutkan kekuasaan.

Pertempuran itu telah menewaskan ribuan orang dan memaksa lebih dari dua juta warga sipil meninggalkan rumah mereka.

Pemerintah yang dipimpin militer Mali, yang secara efektif mengambil alih kekuasaan dalam kudeta pada tahun 2020, diyakini hanya menguasai 15 persen dari keseluruhan wilayah di negara itu.

Serangan terbaru terjadi ketika militer Prancis, yang telah aktif di Mali sejak 2013, berada dalam fase terakhir penarikan dari negara itu, sebuah langkah yang semakin mempersoalkan masa depan keamanan kawasan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat