androidvodic.com

Kapal Sewaan PBB yang Membawa Biji-bijian Ukraina Telah Berlayar Menuju Afrika - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, KYIV – Sebuah kapal sewaan PBB yang memuat 23.000 ton biji-bijian Ukraina yang di dalamnya termasuk gandum telah berlayar meninggalkan Pelabuhan Laut Hitam Ukraina untuk menuju ke Afrika.

Dilansir dari Aljazeera, Senin (15/8/2022) pengiriman 23.000 ton biji-bijian Ukraina menggunakan kapal itu juga merupakan bagian dari rencana Program Pangan Dunia (WFP) untuk membantu negara-negara di Afrika yang saat ini tengah menghadapi bencana kelaparan.

"Pengiriman biji-bijian ini sangat positif," kata Denise Brown, koordinator WFP Ukraina.

Baca juga: Kapal Gandum Ukraina Ditolak Pembeli di Lebanon

“Kami sangat berharap bahwa semua aktor di sekitar kesepakatan ini akan bersatu dalam apa yang benar-benar menjadi masalah kemanusiaan,” tambahnya.

Brown lalu mengatakan bahwa pihak berwenang sedang mempertimbangkan menggunakan kereta api untuk menambah kuota pengiriman biji-bijian, dan Kementerian Pertanian Ukraina juga berencana membuka rute truk baru ke Polandia.

Sementara itu, Menteri Infrastruktur Ukraina, Oleksandr Kubrakov berharap bahwa kapal-kapal lain yang dicarter oleh Program Pangan Dunia (WFP) dan PBB akan kembali datang ke Pelabuhan Laut Hitam, Ukraina.

“Kami pasti merencanakan kapal lain untuk meninggalkan pelabuhan Ukraina, demi membantu orang-orang yang menderita kelaparan di seluruh dunia,” kata Marianne Ward, wakil direktur negara WFP di Ukraina.

Baca juga: Blokade Pelabuhan dibuka, Ukraina Telah Ekspor 412 Ribu Ton Gandum

Di sisi lain, kapal pertama Razoni, yang membawa gandum Ukraina dikabarkan telah mendekati pelabuhan Tartus di Suriah pada hari Minggu (14/8/2022).

“Secara total, 16 kapal telah berangkat dari Ukraina sejak kesepakatan Juli,” kata pihak berwenang Kyiv.

Menurut indeks PBB, harga pangan pada bulan Juli telah turun 8,6 persen imbas dari anjloknya harga gandum dan minyak sayur.

Namun, PBB juga menyebutkan bahwa harga pangan saat ini tetap jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Indofood Bantah Desas-desus Harga Mi Instan Bakal Naik karena Pasokan Gandum

Ukraina Akhirnya Kembali Ekspor Gandum

Sebuah kapal bermuatan gandum Ukraina telah meninggalkan pelabuhan Laut Hitam di Odesa untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat