androidvodic.com

Akrabkan Hubungan RI dengan Singapura, KBRI Anugerahkan Adinata Award ke SIF - News

News, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura memberikan penghargaan Adinata Award kepada Singapore International Foundation (SIF) atas perannya selama ini dalam memajukan hubungan masyarakat Indonesia dan Singapura di berbagai bidang.

Penghargaan ini menjadi perayaan kemitraan jangka panjang SIF dalam memperkuat hubungan antara masyarakat Singapura dan Indonesia sejak tahun 1992.

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyerahkan penghargaan tersebut kepada SIF Chairman, Duta Besar Ong Keng Yong, pada upacara tatap muka di Singapura dan sekaligus perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-77.

“Kedutaan menghormati dan mengapresiasi institusi maupun individu di Singapura atas kontribusi mereka yang signifikan terhadap kedua negara," ujar Dubes Suryo Pratomo.

"Saya berharap penanugerahan Adinata Award bukan hanya merupakan sebuah penghargaan tetapi juga pengingat bagi yang menerimanya untuk terus maju dalam berkontribusi terhadap hubungan kedua negara dan memberikan inspirasi bagi yang lain untuk melakukan hal yang sama,” imbuhnya.

Duta Besar Ong menyampaikan, selama 30 tahun terakhir, masyarakat Singapura dan Indonesia telah bekerja secara kolaboratif di lebih dari 100 inisiatif untuk membawa perubahan di dunia pendidikan, kesehatan, kewirausahaan sosial, serta seni dan budaya.

Baca juga: Dubes Suryo Pratomo Jelaskan Keuntungan FIR Dalam Konteks Hubungan RI - Singapura

Adanya larangan bepergian sekalipun tidak dapat menghalangi semangat ‘gotong-royong’ kita karena kedua kelompok masyarakat terus beraktivitas secara virtual selama pandemi demi menghadirkan dukungan yang berkelanjutan untuk para penerima manfaat.

Kami berterima kasih kepada semua mitra kami di Indonesia atas pertemanan mereka yang hangat dalam bekerja bersama kami untuk mendukung inisiatif pembangunan berkelanjutan dan mempromosikan rasa saling menghormati serta saling pengertian antar kedua negara. SIF dengan kerendahan hati menerima penghargaan ini mewakili banyak relawan, mitra program, dan donator yang mendukung pekerjaan kami.”

Penghargaan Adinata Award dihadirkan setiap tahun bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Sejak1992, SIF bermitra dengan berbagai institusi dan individu di Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta, untuk membawa perubahan di bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan sosial, serta seni dan budaya.

Di bidang kesehatan, spesialis dari Singapore International Volunteers (SIVs) yang didatangkan SIF membantu meningkatkan kapasitas profesional bidang kesehatan seperti perawatan paliatif (2009 – 2021), perawatan darurat anak dan neonatal (2018 – 2021), dan layanan psikiatri anak dan remaja (2016 – 2018).

Di bidang pendidikan, SIF terlibat dalam Proyek Pendidikan Anak Usia Dini atau Early Childhood Education (ECE) Project dari SIF (2019 – 2021) untukmeningkatkan kapabilitas praktisi ECE di Bandung dan area yang lebih luas di Jawa Barat bekerja sam dengan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Jawa Barat dan Singapore University of Social Sciences.

Di bidang kewirausahaan sosial, SIF menggulirkan program Young Social Entrepreneurs (YSE) Programme di tahun 2010 dan 10 wirausaha sosial dari Indonesia telah menerima pendanaan hingga masing-masing senilai20.000 dolar Singapura untuk memulai dan mengembangkan wirausaha sosial mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat