androidvodic.com

Ukraina Berhasil Tembus Pertahanan Rusia, Zelensky Peringatkan Pasukan Putin Kabur - News

News - Pasukan Ukraina telah memulai serangan balasannya terhadap Rusia di Kherson.

Menyusul serangan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan pasukan Rusia agar segera melarikan diri.

"Jika mereka ingin bertahan, sudah waktunya bagi militer Rusia untuk melarikan diri," ujar Zelensky.

Dilansir The Guardian, pasukan Ukraina telah menembus pertahanan Rusia di sejumlah titik dekat Kota Kherson, lapor pejabat Ukraina pada Senin (29/8/2022).

Dalam wawancara video, Oleksiy Arestovych mengatakan pasukan Ukraina juga telah menembaki feri di wilayah Kherson yang digunakan Rusia untuk memasok kebutuhan untuk wilayah di tepi barat sungai Dnieper.

Zelensky tidak membahas serangan balasan itu secara khusus selama pidato malamnya pada Senin kemarin.

Baca juga: Rusia akan Gelar Latihan Militer Besar-besaran dengan China pada 1-7 September

Namun ia berjanji akan mengusir pasukan Vladimir Putin dari negaranya.

"Para penjajah harus tahu, kami akan mengusir mereka ke perbatasan. Ke perbatasan kami, yang garisnya tidak berubah," kata Zelensky.

Ia menegaskan, pasukan Rusia yang menyerah akan diperlakukan berdasarkan konvensi Jenewa.

"Jika mereka tidak mendengarkan saya, mereka akan berurusan dengan para pembela kami, yang tidak akan berhenti sampai mereka membebaskan semua yang menjadi milik Ukraina," tegasnya.

"Ukraina mengembalikan miliknya sendiri. Kami akan mengembalikan wilayah Kharkiv, wilayah Luhansk, wilayah Donetsk, wilayah Zaporizhzhia, wilayah Kherson, Krimea. Ini akan terjadi," jelas pemimpin Ukraina ini.

Pasukan Ukraina telah merebut kembali empat desa di dekat Kota Kherson setelah menerobos garis depan di tiga tempat, lapor CNN berdasarkan keterangan sumber militer Ukraina.

Operasi dimulai dengan penembakan berat di posisi pasukan Rusia dan bagian belakang yang memaksa mereka melarikan diri, kata sumber tersebut.

Sergiy Khlan, penasihat gubernur regional Kherson mengatakan kepada TV Ukraina, bahwa serangan artileri dilancarkan ke posisi musuh di seluruh wilayah Kherson yang diduduki Rusia.

Dengan konflik berlanjut, Rusia dan Ukraina saling tuding soal kematian 50 tahanan di Donetsk hingga Presiden Zelensky minta warga sipil mengungsi.
Dengan konflik berlanjut, Rusia dan Ukraina saling tuding soal kematian 50 tahanan di Donetsk hingga Presiden Zelensky minta warga sipil mengungsi. - Ukraina mengaku sukses tembus pertahanan pasukan Rusia di sejumlah titik di wilayah Kherson, Zelensky pun memberi sindiran pada pasukan Putin. (Kolase Foto Tribunnews)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat