androidvodic.com

Ukraina Gunakan Umpan Kayu Menyerupai HIMARS untuk Kelabui Rusia - News

News - Ukraina dilaporkan menggunakan umpan kayu dari sistem roket yang canggih Amerika Serikat untuk mengelabui Rusia.

Umpan yang menyerupai sistem roket AS yakni Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) telah menipu pasukan Rusia untuk membuang rudal jelajah jarak jauh pada target tiruan.

Demikian menurut wawancara dengan senior Pejabat AS dan Ukraina serta foto-foto replika yang ditinjau oleh The Washington Post.

Umpan Ukraina terbuat dari kayu tetapi tidak dapat dibedakan dari baterai artileri melalui lensa drone Rusia, yang mengirimkan lokasi mereka ke kapal induk rudal jelajah angkatan laut di Laut Hitam.

“Ketika UAV melihat baterai, itu seperti target VIP,” kata seorang pejabat senior Ukraina.

Pernyataan itu merujuk pada kendaraan udara tak berawak, atau drone, yang menghadapi replika artileri jarak jauh.

Baca juga: Perang Rusia dan Ukraina: Rusia Klaim Tembak Jatuh Drone Ukraina di Komplek PLTN Zaporizhzhia

Setelah beberapa minggu di lapangan, umpan menarik setidaknya 10 rudal jelajah Kalibr.

Itu menjadi keberhasilan awal yang membuat Ukraina memperbanyak produksi replika untuk penggunaan yang lebih luas.

Penggunaan umpan sistem roket, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, adalah salah satu dari banyak taktik asimetris yang diadopsi angkatan bersenjata Ukraina untuk melawan musuh penyerang yang lebih besar dan lebih lengkap.

Dalam beberapa pekan terakhir, operasi Kyiv telah meledakkan jalur kereta api dan listrik di wilayah Rusia yang diduduki, meledakkan bahan peledak di dalam depot senjata Rusia dan membunuh tersangka kolaborator.

Penghancuran replika Ukraina sebagian dapat menjelaskan penilaian kerusakan pertempuran Rusia yang luar biasa pada artileri Barat, khususnya Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi buatan AS, atau HIMARS.

Dalam file foto ini diambil pada 09 Juni 2021, peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 AS menembakkan salvo selama latihan militer
Dalam file foto ini diambil pada 09 Juni 2021, peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 AS menembakkan salvo selama latihan militer "Singa Afrika" di wilayah Grier Labouihi di Maroko tenggara. Amerika Serikat mengirim Himars ke beberapa sistem roket canggih ke Ukraina, kata seorang pejabat AS pada 31 Mei 2022, mengakhiri berhari-hari spekulasi atas peningkatan terbaru bantuan militer ke Kyiv dalam perangnya melawan Rusia. (AFP)

“Mereka mengklaim telah memukul lebih banyak HIMARS daripada yang kami kirim,” seorang diplomat AS mengamati.

Sejauh mana Ukraina telah pergi untuk melindungi sistem roket yang dipasok Barat menggarisbawahi pentingnya mereka di medan perang.

Sistem tersebut dianggap berhasil menumpulkan kemajuan Rusia di timur dan selatan dengan memberi Ukraina kemampuan untuk menyerang dari jarak 50 mil.

Baca juga: Ukraina Klaim Berhasil Menerobos Pertahanan Rusia di Kherson

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat