androidvodic.com

Amerika Serikat Peringatkan Konsekuensi Bencana Jika Rusia Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan 'konsekuensi bencana' jika Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan mengatakan pada Minggu (25/9/2022) bahwa AS akan menanggapi dengan tegas setiap penggunaan senjata nuklir Rusia terhadap Ukraina, dan bahwa pihaknya telah menjelaskan kepada Moskow 'konsekuensi bencana' yang akan dihadapinya.

“Jika Rusia melewati garis ini, akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Sullivan, yang dikutip oleh Aljazeera, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Makin Menakutkan, Tentara Rusia yang Menyerah Secara Sukarela Kepada Musuh Akan Dipenjara 10 Tahun

Peringatan baru dari Amerika Serikat muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (21/9/2022) lalu mengatakan bahwa negaranya akan menggunakan senjata apa pun untuk mempertahankan wilayahnya.

Dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, berusaha untuk membenarkan perang tujuh bulan Rusia di Ukraina, mengulangi klaim palsu Moskow bahwa pemerintah terpilih di Kyiv secara tidak sah dipasang dan diisi dengan neo-Nazi.

Dia menentang apa yang disebut Rusia sebagai 'operasi militer khusus' yang terbatas pada AS dan negara-negara di bawah kekuasaannya, meskipun hampir tiga perempat negara bagian di majelis PBB memilih untuk menegur Rusia dan menuntutnya mundur.

Ukraina dan sekutunya telah menolak referendum sebagai tipuan yang dirancang untuk membenarkan eskalasi perang dan dorongan mobilisasi oleh Moskow setelah kekalahan di medan perang baru-baru ini.

Ukraina Mengklaim Terkena Drone Iran di Mykolaiv

Angkatan Udara Ukraina pada hari Minggu (25/9/2022) memposting rekaman dari apa yang dikatakannya sebagai "penghancuran" pesawat tak berawak Iran-kamikaze Shahed-136, yang diklaim Rusia dikirim ke kota Mykolaiv di Ukraina selatan.

Baca juga: Pejabat Rusia Turut Tanggapi Ancaman Penggunaan Senjata Nuklir Vladimir Putin

Dalam sebuah pernyataan, Komando Angkatan Udara Ukraina mengatakan bahwa rudal anti-pesawatnya telah menghancurkan drone kamikaze Shahed-136, yang coba digunakan oleh pasukan pendudukan Rusia untuk menyerang Mykolaiv.

Drone Shahed-136 yang dipasok ke Rusia oleh Iran sudah digunakan untuk beberapa serangan di wilayah Kharkiv, Dnipropetrovsk, Odesa, dan Mykolaiv.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Jumat (23/9/2022) mengutuk Iran karena telah memasok drone ke Rusia dan mengatakan bahwa duta besar Iran untuk Ukraina dicabut akreditasinya setelah serangan itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat