androidvodic.com

KSAD Jenderal Dudung Melawat Ke Australia, Bahas Kerja Sama Militer Hingga Kunjungi War Memorial - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melaksanakan kunjungan kehormatan kepada KSAD Australia Letjen Simon Stuart di Markas Besar Angkatan Darat Australia - Russell Offices, Canberra, Senin (10/10/2022).

Dudung dan Simon melakukan pertemuan di ruang kerja KSAD Australia dan dilanjutkan diskusi yang dihadiri delegasi Angkatan Darat kedua negara tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Australia sama-sama optimis intensitas pertemuan dan komunikasi antara keduanya akan meningkatkan kualitas kerja sama militer, baik yang sedang berjalan maupun di masa yang akan datang.

Dudung juga mengungkapkan arti penting kerja sama bilateral kedua Angkatan Darat di kawasan Asia-Pasifik tersebut.

"Kehadiran Angkatan Darat Indonesia dan Australia memegang peranan penting untuk stabilitas kawasan. Oleh karenanya perlu terjalin kerja sama yang semakin erat di bidang pendidikan dan latihan militer antara TNI AD dengan AD Australia," kata Dudung.

Sedangkan Simon berharap peningkatan kompleksitas latihan yang sudah berjalan agar semakin siap dalam menghadapi lingkungan strategis yang dinamis.

Sejumlah delegasi TNI AD yang mendampingi Dudung, antara lain Danpuspomad, Asintel KSAD, Aslat KSAD, Asops KSAD, dan Atase Darat Indonesia di KBRI Canberra.

Di hari yang sama, Dudung mengunjungi Royal Military College (RMC) Duntroon yang merupakan Kawah Candradimuka Akademi Militer Australia di Canberra.

Ia meninjau fasilitas pendidikan, kegiatan belajar dan latihan para taruna serta bertatap muka dengan perwakilan Perwira TNI AD yang sedang menempuh pendidikan di RMC Duntroon tersebut.

Baca juga: Effendi Simbolon Tak Hadiri Rapat Komisi I dengan Menhan, Panglima TNI, dan KSAD, ke Mana?

Dudung berpesan kepada personel TNI AD agar melaksanakan penugasan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya calon pemimpin Angkatan Darat. 

Dengan demikian, mereka mampu menjawab tantangan kemajuan jaman di masa depan. 

“Kalian sebagai duta bangsa harus menjaga nama baik dengan belajar dan berlatih di sini dengan baik. Ilmu dan pengalaman yang didapat di sini menjadi bekal kalian saat berdinas nantinya untuk membawa TNI, khususnya TNI Angkatan Darat menjadi lebih maju dan kuat,” kata Dudung.

Rangkaian kunjungan Dudung tersebut diakhiri makan siang bersama dengan Simon dan penandatanganan buku kerjasama TNI AD dan AD Australia yang berjudul "Diggers and Serdadu". 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat