androidvodic.com

Mantan PM Boris Johnson Disebut-sebut Bakal Maju Gantikan Liz Truss Jadi Perdana Menteri Inggris - News

News, LONDON -- Nama Boris Johnson disebut-sebut bakal kembali mencalonkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris.

Mantan Perdana Menteri Inggris ini diperkirakan bakal maju dalam kontes kepemimpinan Partai Konservatif setelah Liz Truss mengundurkan diri sebagai PM Inggris.

Liz adalah Perdana Menteri Inggris dengan jabatan paling pendek yaitu hanya 44 hari.

Liz Truss adalah Perdana Menteri yang terpilih menggantikan Boris Johnson, setelah Boris mengundurkan diri pada Juli 2022 akibat skandal pelecehan seksual.

Ia mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi sebagai Ketua Partai Konservatif, yang secara otomatis juga ia mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris.

Truss menjadi Perdana Menteri tersingkat dalam sejarah inggris dengan menjabat enam minggu. Ia sebelumnya menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri karena berbagai skandal yang menimpanya.

Baca juga: Liz Truss Mundur dari Kursi Perdana Menteri Inggris Pasca Dihujani Kritik Bertubi-tubi

Namun peluang itu dimanfaatkan Johnson yang dikabarkan segera kembali ke Inggris pada akhir pekan ini untuk mengikuti konstestasi calon pemimpin Partai Konservatif.

Surat kabar The Times telah melaporkan bahwa Johnson, yang sedang berlibur ke luar negeri, diperkirakan akan bersaing untuk menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri pada Kamis pagi.

Liz Truss dipaksa untuk berhenti oleh tokoh-tokoh senior partai pada Kamis pagi.

Dalam sebuah pernyataan singkat di Downing Street, Truss mengatakan dia telah memberi tahu Raja Charles bahwa dia mundur sebagai pemimpin Partai Konservatif.

Pemimpin partai dan perdana menteri baru akan dipilih minggu depan.

Pemerintahannya runtuh setelah paket anggaran mini gagal bulan lalu, yang berisi pemotongan pajak senilai 45 miliar pounsterling telah memicu gejolak di pasar.

Rishi Sunak, mantan kanselir, dan Penny Mordaunt, pemimpin House of Commons, adalah dua kandidat terdepan untuk menggantikan Truss, meskipun beberapa kandidat lain bisa ikut bertarung.

Suella Braverman, mantan menteri dalam negeri, dan Jeremy Hunt, kanselir saat ini, juga akan didorong oleh para pendukung untuk mencalonkan diri.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyampaikan pidato di luar 10 Downing Street di pusat kota London pada 20 Oktober 2022 untuk mengumumkan pengunduran dirinya. - Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya setelah hanya enam minggu menjabat yang tampak seperti turun ke neraka, memicu pemilihan internal baru di dalam Partai Konservatif. (Photo by Daniel LEAL / AFP)
Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyampaikan pidato di luar 10 Downing Street di pusat kota London pada 20 Oktober 2022 untuk mengumumkan pengunduran dirinya. - Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya setelah hanya enam minggu menjabat yang tampak seperti turun ke neraka, memicu pemilihan internal baru di dalam Partai Konservatif. (Photo by Daniel LEAL / AFP) (AFP/DANIEL LEAL)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat