androidvodic.com

Boris Johnson Batal Maju di Kontestasi Calon Perdana Menteri Inggris - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, LONDON - Boris Johnson telah menarik diri dari kontestasi calon perdana menteri Inggris dari Partai Konservatif [Tory].

Hal ini tentu saja membuka jalan bagi mantan kanselirnya, Rishi Sunak, yang saat ini menjadi favorit kontestasi untuk menempati jabatan sebagai Perdana Menteri Inggris

Dikutip dari Russia Today, Senin (24/10/2022), dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Minggu malam, Johnson mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan 'rintangan yang sangat tinggi dari 102 nominasi' dari anggota parlemen.

Dia mengaku 'dapat kembali ke Downing Street pada Jumat lalu dan akan ditempatkan dengan baik' untuk membawa partainya memenangkan pemilihan umum 2024.

"Namun dalam beberapa hari terakhir saya merasa sedih dan sampai pada kesimpulan bahwa ini bukan hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali anda memiliki partai yang bersatu di parlemen," jelas Johnson.

Dia mengaku telah menjangkau kedua kandidat kepemimpinan saat ini, yakni mantan kanselirnya Rishi Sunak dan mantan Menteri Pertahanannya Penny Mordaunt.

Dia berharap keduanya 'bersatu demi kepentingan nasional', namun, Johnson menyampaikan bahwa 'cara melakukannya' belum ditemukan.

"Saya tidak membiarkan pencalonan saya dan akan memberikan dukungan saya ini diberikan kepada siapapun yang berhasil," tegas Johnson.

Baca juga: Boris Johnson Ungkap Alasan Mundur Diri Dari Pemilihan PM Inggris

Pernyataan Boris Johnson tersebut muncul pada hari di mana beberapa sekutu lamanya, termasuk Suella Braverman yang pernah menjabat sebagai Jaksa Agung di pemerintahannya, mendukung Sunak.

Batas waktu untuk memasuki kontes kepemimpinan Partai Konservatif akan berlalu pada Senin pukul 14.00 waktu setempat.

Sunak saat ini memimpin kontestasi, dengan lebih dari 140 pendukung secara terbuka mendukungnya. Sementara Penny Mordaunt memiliki lebih dari 20 dukungan.

Baca juga: Boris Johnson Kembali Saat Rishi Sunak Penuhi Syarat untuk Gantikan Liz Truss

Jika Mordaunt atau kandidat lainnya juga mencapai ambang batas 100 suara, maka pemilihan akan dilakukan melalui pemungutan suara elektronik oleh anggota Partai Konservatif.

Jika Sunak tetap menjadi satu-satunya kandidat yang lolos benchmark, ia akan dideklarasikan sebagai Perdana Menteri berikutnya.

Keputusan Johnson untuk mundur dari kontestasi ini tampaknya akan mengecewakan banyak anggota partai Tory.

Baca juga: Jelang Pemilihan PM Inggris, Boris Johnson dan Rishi Sunak Gelar Pembicaraan Empat Mata

Survei YouGov baru-baru ini mengungkapkan bahwa 32 persen responden ingin Johnson kembali sebagai Perdana Menteri, terlepas dari serangkaian skandal dan pengunduran diri kabinet yang pada akhirnya mempercepat kepergiannya.

Sedangkan Sunak, secara signifikan tertinggal dari mantan bosnya itu dalam hal popularitas, yakni hanya 23 persen dari 530 responden Tory yang menyuarakan dukungan untuknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat