androidvodic.com

Profil Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Termuda Keturunan India - News

Laporan Wartawan News  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEW.COM, LONDON – Rishi Sunak resmi terpilih sebagai Perdana Menteri sekaligus pemimpin Partai Konservatif Inggris, menggantikan posisi Liz Truss yang mengundurkan diri setelah menjabat selama 44 hari.

Kemenangan Rishi Sunak dicapai usai mantan kanselir bendahara Inggris ini memenangkan pemilihan yang dilakukan anggota Partai Konservatif pada Senin (24/10/2022).

Rishi Sunak mengantongi dukungan dari 165 anggota parlemen Konservatif, mengungguli pesaingnya yakni Penny Mordaunt yang hanya memegang 105 suara.

Baca juga: Rishi Sunak jadi Perdana Menteri Inggris Baru di Tengah Gejolak Politik dan Ekonomi

Rishi Sunak menjadi pemimpin yang mendapatkan dukungan dari 100 anggota parlemen Konservatif, melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh pejabat partai untuk calon potensial.

Dia bahkan jadi satu-satunya Perdana Menteri Inggris dengan usia termuda selama lebih dari 200 tahun.

Nama Rishi Sunak mulai meledak di  dunia politik Inggris, setelah pria 42 tahun ini maju bersaing dengan Liz Truss dalam kontes pemilihan umum untuk menjadi PM Inggris yang diselenggarakan enam minggu lalu.

Meski gagal mengalahkan Truss namun Rishi Sunak menjadi runner-up dengan memenangkan dukungan 105 suara dari dari 137 anggota parlemen.

Baca juga: Berita Foto : Rishi Sunak Terpilih Sebagai Perdana Menteri Inggris

Lahir di Southampton pada 12 Mei 1980, Rishi Sunak merupakan pria berketurunan India Punjabi yang bermigrasi ke Inggris dari Afrika Timur pada 1960-an.

Mengutip dari CNN International Ayah Sunak merupakan seorang dokter, sedangkan ibunya memiliki toko kimia di Inggris.

“British Indian adalah apa yang saya centang pada sensus, kami memiliki kategori untuk itu. Saya benar-benar orang Inggris, ini adalah rumah dan negara saya, tetapi warisan agama dan budaya saya adalah orang India, istri saya orang India. Saya terbuka untuk menjadi seorang Hindu,” kata Sunak dalam sebuah wawancara pada tahun 2015.

Sebelum memulai karirnya, Rishi Sunak sempat menempuh pendidikan S1 di Lincoln College Oxford untuk belajar filsafat, politik, dan ekonomi (PPE). Kemudian ia melanjutkan pendidikan tingkat S2 di Stanford University hingga  berhasil mendapatkan gelar master di bidang administrasi bisnis (MBA).

Usai menempuh pendidikan, Sunak lantas menikahi Akshata Murty yang merupakan putri seorang miliarder asal India pendiri Infosys Ltd, pada 2009 lalu.

Berkat pernikahan ini Sunak dan Murty tercatat sebagai orang terkaya ke-222 di Sunday Times Rich List dengan kekayaan gabungan sebesar 730 juta poundsterling pada tahun 2022.

Baca juga: Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama yang Berdarah India dan Beragama Hindu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat