androidvodic.com

Di Tengah Perang Dingin Joe Biden Akan Bertemu Xi Jinping di Bali, Ini Yang Akan Dibahas - News

News – Pemimpin dua negara besar Amerika Serikat dan China, Joe Biden dan Xi Jinping dijadwalkan akan bertemu di Bali, Indonesia, pada Senin (14/11/2022).

Pertemuan puncak di tengah perang dingin hubungan dua negara tersebut diharapkan bisa menetapkan batas-batas yang jelas yang harus dihormati untuk menghindari konflik yang berpotensi bencana antara dua kekuatan dunia.

Para pemimpin negara G20 akan bertemu di Indonesia untuk pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat sebagai presiden pada Januari 2021.

Baca juga: Disambut Tari Pendet, Presiden Joe Biden Tiba di Bali Tadi Malam

Acara inti G20 sendiri akan berlangsung pada 15-16 November 2022 besok.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk dalam 21 bulan terakhir karena ketegangan meningkat, khususnya terkait konflik Taiwan dan Rusia-Ukraina.

Washington telah gagal mencoba membuat Beijing bergabung dengan Barat dalam kampanye sanksi terhadap Rusia, daripada tetap netral dalam krisis Ukraina, sementara China telah berusaha untuk memperjelas intoleransinya terhadap tindakan yang dilihatnya merusak kedaulatannya atas Taiwan.

China memutuskan hubungan militer dan iklim dengan AS pada Agustus, setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi menentang peringatan dari pemerintah Xi dan melakukan kunjungan kontroversial ke Taipei, yang berpotensi memberanikan separatis di pulau yang berpemerintahan sendiri itu.

Berbicara kepada wartawan pada hari Minggu di Phnom Penh, Kamboja, Biden mengatakan dia bertujuan untuk melakukan pembicaraan "terus terang" dengan Xi.

“Kami hanya memiliki sedikit kesalahpahaman,” katanya tentang percakapannya di masa lalu dengan pemimpin Tiongkok itu. "Kita hanya harus mencari tahu apa garis merahnya."

Meskipun Gedung Putih telah menyatakan bahwa mereka akan membahas “upaya untuk mempertahankan dan memperdalam jalur komunikasi” dan bagaimana “mengelola persaingan secara bertanggung jawab,” masalah Taiwan juga diharapkan menjadi agenda utama.

Baca juga: Presiden Jokowi Gembira Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping Hadiri KTT G20 di Bali

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan bahwa Washington akan "memberi penjelasan singkat" kepada Taipei tentang hasil pertemuan tersebut, yang memicu kecaman dari Beijing.

Pemerintah China bersikeras bahwa membocorkan rincian diskusi tingkat atas semacam itu akan menjadi pelanggaran "mengerikan" terhadap protokol diplomatik dan perjanjian bilateral.

Otoritas pemilihan AS belum mengesahkan hasil ujian tengah semester, dengan penghitungan suara berlanjut di Nevada dan Arizona, dan Georgia menuju pemungutan suara putaran kedua pada bulan Desember.

Namun, beberapa media besar AS telah mengumumkan kemenangan Senator Catherine Cortez Masto di Nevada dan petahana Demokrat lainnya, Mark Kelly dari Arizona, yang akan memastikan bahwa partai Presiden Joe Biden akan mempertahankan kendali Senat.

Demokrat diproyeksikan untuk memegang setidaknya 50 dari 100 kursi kamar, bahkan jika petahana Raphael Warnock kehilangan putaran kedua di Georgia, dan Wakil Presiden Kamala Harris memberikan suara penentu jika terjadi seri.

Bagi China, Taiwan jelas merupakan salah satu garis merah itu. Beijing bermaksud untuk mengintegrasikan kembali Taiwan, sebaiknya dengan cara damai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat