androidvodic.com

Mantan Presiden Donald Trump Bersiap Calonkan Diri di Pilpres AS 2024 - News

News - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pidato pada Selasa malam (15/11/2022) waktu setempat.

Diperkirakan Trump mengkonfirmasi pencalonannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 pada kesempatan tersebut.

Selama seminggu terakhir, mantan presiden itu mengecam saingan potensial untuk nominasi Partai Republik, termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis dan Gubernur Virginia Glenn Youngkin.

“Semoga HARI INI menjadi salah satu hari terpenting dalam sejarah Negara kita!” tulis Trump di platform Truth Social miliknya pada Selasa pagi (15/11/2022).

Dilansir Al Jazeera, tugas mantan presiden di Gedung Putih – antara 2017 dan 2021 – adalah salah satu yang paling kacau dalam sejarah modern AS.

Semasa menjabat Presiden AS, Trump dimakzulkan dua kali.

Dikenal memiliki retorika yang keras, menurut para kritikus sering berubah menjadi kefanatikan yang eksplisit, sangat mempolarisasi negara.

Baca juga: Sederet Politisi yang Bisa Maju di Pilpres AS 2024, Ada Joe Biden hingga Donald Trump

Trump terus memegang pengaruh besar atas Partai Republik.

Terlepas dari kekalahannya pada Pilpres AS 2020 dari Presiden Joe Biden dan tuduhan palsu penipuan pemilu yang memicu serangan Capitol AS oleh para pendukungnya.

Waktu Trump yang relatif singkat dalam politik nasional AS telah ditentukan oleh kemampuannya untuk mengatasi skandal dan kemunduran yang akan mengakhiri kariernya di era sebelumnya.

Banyak pengamat, termasuk beberapa Republikan, mempertanyakan apakah mantan presiden itu dapat mempertahankan posisinya di basis GOP?

Terutama setelah penampilan mengecewakan Partai Republik dalam pemungutan suara paruh waktu pekan lalu.

Menanti pemain baru

Pada Selasa, Senator Mitt Romney – salah satu dari sedikit kritikus vokal Partai Republik terhadap Trump – membandingkan mantan presiden itu dengan seorang atlet populer di masa senja karirnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat