androidvodic.com

Ukraina Mulai Lakukan Evakuasi dari Kherson dan Mykolaiv karena Khawatir Warganya Kedinginan - News

News - Pihak berwenang Ukraina telah mulai mengevakuasi warga sipil dari bagian wilayah Kherson dan Mykolaiv yang baru saja dibebaskan, Al Jazeera melaporkan.

Evakuasi itu dilakukan karena pemerintah khawatir warganya kekurangan panas, listrik, dan air akibat penembakan Rusia yang membuat kondisi wilayah tersebut tidak dapat ditinggali pada musim dingin ini.

Pihak berwenang mendesak penduduk di dua wilayah selatan, yang telah digempur oleh pasukan Rusia selama berbulan-bulan, untuk pindah ke daerah yang lebih aman di bagian tengah dan barat negara itu.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk mengatakan pemerintah akan menyediakan transportasi, akomodasi dan perawatan medis bagi mereka, dengan prioritas diberikan kepada wanita dengan anak-anak dan orang tua, Senin (21/11/2022).

Evakuasi berlangsung lebih dari seminggu setelah Ukraina merebut kembali Kota Kherson, di tepi barat Sungai Dnieper, dan daerah sekitarnya dalam pertempuran besar.

Sejak itu, menjelang musim dingin, penduduk dan pihak berwenang sama-sama menyadari betapa banyak kekuatan dan infrastruktur lain yang dihancurkan Rusia sebelum mundur atau rusak hanya dalam seminggu terakhir.

Baca juga: Polisi Ukraina Temukan 4 Situs di Kherson, Diduga Tempat Penyiksaan Warga Ukraina oleh Rusia

Ukraina terkenal dengan cuaca musim dinginnya yang keras dan salju telah menutupi Kyiv, ibu kota, dan bagian lain negara itu.

Rusia telah menggempur jaringan listrik Ukraina dan infrastruktur lainnya dari udara selama berminggu-minggu, menyebabkan pemadaman listrik yang meluas dan menyebabkan jutaan warga Ukraina hidup tanpa listrik, panas, dan air.

Untuk mengatasinya, pemadaman listrik selama empat jam atau lebih dijadwalkan pada Senin (21/11/2022) di 15 dari 27 wilayah Ukraina, menurut Volodymyr Kudrytsky, kepala operator jaringan negara Ukraina Ukrenergo.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan lebih dari 50 persen fasilitas energi negara itu telah rusak akibat serangan rudal Rusia.

Sementara itu, pengawas atom PBB mengatakan tidak ada masalah keselamatan atau keamanan nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia meskipun terjadi penembakan pada akhir pekan yang menyebabkan kerusakan luas.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA), yang memiliki empat stafnya berbasis di Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, mengatakan pada Minggu (20/11/2022) telah terjadi beberapa penembakan terberat dalam beberapa bulan terakhir di sana akhir pekan ini.

IAEA mengatakan keamanan nuklir utama dan sistem keamanan belum terkena.

Baca juga: Polisi Ukraina Temukan 4 Situs di Kherson, Diduga Tempat Penyiksaan Warga Ukraina oleh Rusia

"Mereka [ahli IAEA] dapat mengonfirmasi bahwa terlepas dari parahnya penembakan, peralatan utama tetap utuh dan tidak ada masalah keselamatan atau keamanan nuklir segera," kata IAEA dalam sebuah pernyataan pada Senin (21/11/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat