androidvodic.com

Spesifikasi Pembom Siluman B-21 Raider AS, Dirancang Gantikan B-1 Lancer dan B-2 Spirit - News

News - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) meluncurkan pemembom siluman B-21 Raider, pertama kali dalam lebih dari 30 tahun.

B-21 Raider akan diperkenalkan kepada dunia pada Jumat (2/12/2022).

Apa yang membuat penggantinya, B-21, begitu istimewa?

Berikut ini News rangkum spesifikasi B-21 Raider, yang dikutip dari Al Jazeera:

Dirancang gantikan B-1 Lancer dan B-2 Spirit

Pembom strategis jarak jauh siluman generasi baru ini dirancang untuk menggantikan pesawat B-1 Lancer dan B-2 Spirit yang sudah tua.

Baca juga: Korsel Kerahkan Jet Tempur saat Pembom China dan Rusia Patroli Bersama

B-21 Raider
Render artis ini dirilis oleh Angkatan Udara AS pada 26 Februari 2016, menunjukkan pembom generasi baru cabang militer, B-21, yang akan menggantikan B-52 antik yang pertama kali dikembangkan selama Perang Dingin. Pesawat serba hitam ini memiliki bentuk zig-zag yang khas dan profil super rendah yang akan membuatnya sulit dikenali radar, dan memiliki kemiripan dengan pembom B-2 Angkatan Udara, yang juga dibuat oleh Northrop Grumman.

Untuk program senjata besar, B-21 dilaporkan menghabiskan anggaran 25,1 milir dolar Amerika - dana yang dialokasikan Angkatan Udara AS pada 2010 lalu.

B-2 Spirit yang berusia 34 tahun adalah generasi yang lebih maju dari masanya.

Bahan canggih yang melapisi pesawat, dikombinasikan dengan bentuk badan pesawat dan lubang masuk mesin.

Artinya, tanda radarnya sangat kecil, menjadikannya hampir "tidak terlihat" oleh radar.

Kemampuan bertahan dalam misi

Hal ini memungkinkan pesawat untuk melakukan misi serangan jarak jauh di daerah yang sangat dipertahankan dengan peluang bagus untuk bertahan dalam misi tersebut.

Pembom lain, seperti B-1 dan B-52 akan memiliki sedikit peluang untuk berhasil.

Untuk B-2, pembom ini sudah dapat menghancurkan target bernilai tinggi jauh di dalam wilayah musuh dengan sedikit atau tanpa peringatan.

Baca juga: NATO dan Rusia Gelar Latihan Nuklir di Tengah Ketegangan Eropa, AS Kerahkan Pembom B-52

WASHINGTON, DC - JULY 04: Northrop B-2 Spirit, atau Stealth bomber melakukan penerbangan di dekat Gedung Putih pada 04 Juli 2020 di Washington, DC. Presiden AS Donald Trump mengadakan perayaan
WASHINGTON, DC - JULY 04: Northrop B-2 Spirit, atau Stealth bomber melakukan penerbangan di dekat Gedung Putih pada 04 Juli 2020 di Washington, DC. Presiden AS Donald Trump mengadakan perayaan "Salute to America" ??yang mencakup penerbangan dengan pesawat militer dan pertunjukan kembang api besar. (WIN MCNAMEE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat