androidvodic.com

Warga India Diminta Kembali Pakai Masker Gara-gara Kasus Covid-19 Melonjak di China - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, NEW DELHI - Menteri Kesehatan India menyerukan kepada rakyat India agar kembali menerapkan protokol pencegahan virus corona (Covid-19), termasuk memakai masker di depan umum, karena India kini sedang meningkatkan pengawasan tentang kasus positif.

Selain itu, pejabat tinggi kesehatan juga mengimbau warga India untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kedua dan dosis penguat (booster).

Dikutip dari BBC, Kamis (22/12/2022), India telah melonggarkan aturan pemakaian masker pada awal tahun ini setelah penurunan tingkat infeksi.

Namun lonjakan kasus di negara tetangganya, China telah membuat negara itu kembali meningkatkan kewaspadaan.

Selama beberapa bulan terakhir, India telah melaporkan empat kasus Covid-19 yang disebabkan oleh subvarian Omicron BF.7 yang terkait dengan lonjakan kasus di China.

"Empat kasus itu adalah tiga di negara bagian Gujarat dan satu di Odisha yang terdeteksi pada Juli, September dan November. Namun pasien telah pulih," kata pejabat kesehatan India.

Menurut data pemerintah, India saat ini hanya memiliki sekitar 3.400 kasus aktif Covid-19, namun laporan tentang lonjakan kasus di China menimbulkan rasa takut di negara itu.

Baca juga: Jepang Waspadai Lonjakan Harga dan Penularan Covid-19 di China

Beberapa ahli meminta India yang menyaksikan dua gelombang mematikan Covid-19 pada 2020 dan 2021 untuk tidak panik.

Rabu kemarin, Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya meninjau situasi Covid-19 di negara tersebut dan mengimbau agar masyarakat memakai masker, menjaga jarak sosial, selalu mencuci tangan dan mendapatkan vaksinasi.

Sejauh ini lebih dari 2,2 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan sejauh ini di negara itu, namun hanya 27 persen populasi yang telah menggunakan dosis booster yang disebut India sebagai 'dosis pencegahan'.

Baca juga: WHO Prihatin Lonjakan Kasus Penularan Covid-19 Terus Terjadi di China

Penasihat Kesehatan pemerintah, VK Paul pada Rabu kemarin mengimbau warganya untuk memakai masker dan mendapatkan suntikan booster, setelah lebih dari dua tahun mengikuti aturan Covid-19 yang ketat, 

Saat ini sebagian besar warga India berhenti memakai masker di tempat ramai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat