androidvodic.com

Covid di China: Rumah sakit kewalahan, berapa sebenarnya jumlah kasus dan kematian? - News

Secara resmi, baru ada 13 kematian akibat Covid di China sepanjang Desember 2022.

Namun, China memiliki kriteria terbatas untuk mengonfirmasi kematian akibat Covid.

Mereka hanya menghitung kematian yang disebabkan secara langsung oleh Covid-19, bukan yang terjadi karena komorbid atau riwayat penyakit pasien.

Metode pendataan ini tidak sesuai dengan arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sehingga angka kematian China jauh di bawah negara-negara lain.

China sudah berhenti menerapkan tes Covid massal dan hanya mencatat kasus positif dengan gejala yang dilaporkan rumah sakit dan klinik kesehatan. Kasus tanpa gejala dan perangkat tes rumahan tidak terdaftar dalam data pemerintah.

Saat ini, data pemerintah China mencatat sebanyak 5.000 kasus per hari.

Sementara, perusahaan riset berbasis Amerika Serikat Airfinity mengatakan model estimasi mereka memperkirakan jumlah kasus di China bisa mencapai hingga tiga juta kasus pada Januari nanti.

Seberapa besar tekanan yang dialami rumah sakit China?

Meski angka resmi tergolong rendah, WHO telah memperingatkan sektor kesehatan China dapat mengalami tekanan berat.

Kantor berita Reuters melaporkan rumah sakit di China kewalahan saat periode Natal. Melalui rekaman video, tampak antrean panjang di depan klinik dan pasien berbaring pada kasur rumah sakit di tengah ruang tunggu yang ramai.

Video-video di media sosial sepanjang Desember memperlihatkan rumah sakit yang penuh pasien.

Dengan membandingkan berbagai tangkapan gambar, BBC berhasil memverifikasi dua video dari rumah sakit anak di Tianjin, China Utara.

Namun, kami belum bisa memverifikasi sejumlah video lainnya yang muncul.

Sulit untuk memastikan seberapa parah situasi terkini jika dibandingkan dengan kondisi normal. Sebab, China menyaring informasi yang keluar dari negaranya dengan sangat ketat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat