androidvodic.com

Pagar perbatasan sasar migran ilegal, gajah dan satwa liar lain jadi korban - News

Di tengah gelombang nasionalisme garis keras yang meningkat, tembok dan pagar pemisah wilayah didirikan di seluruh dunia. Penghalang ini menimbulkan ancaman yang semakin besar bagi satwa liar – menghalangi migrasi dan mengancam jutaan spesies yang harus berpindah-pindah untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Betapa malang nasib sekelompok kecil lynx yang hidup di hutan-hutan kuno Polandia. Pada Juni, rumah mereka di Hutan Białowieża dibelah menjadi dua ketika pemerintah Polandia menyelesaikan pembangunan tembok perbatasannya dengan Belarusia. 

Tujuan tembok ini didirikan adalah untuk mengusir para pengungsi dari Timur Tengah dan tempat lain yang diselundupkan ke perbatasan. 

Tetapi tembok sepanjang 185 km – yang menjulang setinggi 5,5 m dari tanah di hutan hingga ke kanopi pepohonan – juga memenjarakan satwa liar yang hendak bermigrasi.

Kawanan lynx yang bersembunyi di sisi Polandia tidak akan lagi bisa berburu, memberi makan, atau berkembang biak dengan teman-teman mereka yang lebih banyak berada di seberang perbatasan. 

Tembok yang membagi hutan seluas 3.100 km persegi ini diperkirakan akan menyebabkan meningkatnya kelaparan di antara kawanan lynx, dan karena tembok itu juga membatasi pilihan pasangan mereka, kelak akan mengurangi keragaman genetik mereka yang sudah rendah.

Dalam sebuah  surat yang dikirim pada bulan Januari, ketika konstruksi tembok dimulai, lebih dari 500 ilmuwan satwa liar memohon kepada Komisi Eropa di Brussel untuk menggunakan kekuatannya untuk menghentikan proyek pemerintah Polandia. 

Jika konstruksi berjalan, kata mereka, ekologi hutan akan menghadapi "konsekuensi yang menghancurkan", termasuk "runtuhnya populasi lynx dataran rendah Polandia".

Tembok itu sudah selesai dibangun sekarang. 

Rafał Kowalczyk dari Institut Penelitian Mamalia Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia, salah satu penandatangan surat tersebut, mengatakan sekarang ada "risiko pemusnahan yang tinggi" dari lynx Polandia. 

Ini berarti, kepunahan lokal.

Barikade di Białowieża ini adalah satu dari sejumlah tembok dan pagar berbenteng yang kini berkembang pesat.

Pembatas perbatasan wilayah ini kerap kali ditutup dengan kawat berduri dan dilengkapi lampu sorot menyilaukan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat