androidvodic.com

Umat Katolik Diperkenankan Melawat Jenazah Paus Benediktus XVI di Basilika St Peters - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Umat Katolik diperkenankan memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Paus Benediktus XVI yang wafat pada Sabtu (31/12/2022) lalu.

Diketahui jenazah Paus Benediktus XVI disemayamkan selama tiga hari di Basilika Santo Petrus sebelum dilakukan pemakaman.

Dilansir AFP, Teolog asal Jerman yang wafat di usia 95 tahun tersebut memimpin Gereja Katolik selama delapan tahun sebelum menjadi paus pertama yang mundur dari jabatannya di tahun 2013.

Penggantinya Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pada hari Kamis di Lapangan Santo Petrus yang luas, sebelum jenazahnya disemayamkan di makam di bawah Basilika Santo Petrus.

Benediktus meninggal di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan, yang telah menjadi rumahnya selama satu dekade terakhir.

Jenazahnya akan dipindahkan Senin pagi ke basilika di mana, selama tiga hari pada siang hari, umat Katolik dapat mengucapkan selamat tinggal.

Vatikan pada hari Minggu merilis foto-foto jenazahnya, mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan mengenakan mitra bermata emas di kepalanya, di atas catafalque di kapel biara.

Pengunduran diri Benediktus yang mengejutkan menciptakan situasi luar biasa karena memiliki dua "pria berbaju putih", dia dan Francis, di Vatikan. 

Pemakamannya juga akan membuka jalan baru.

Kematian kepausan biasanya memicu pemanggilan para kardinal untuk memilih penggantinya, tetapi kali ini Fransiskus tetap di pos, dan akan memimpin persidangan.

Baca juga: 5 Januari 2023, Paus Benedicus XVI akan Dimakamkan di Gua Vatikan

Pemakaman Benediktus akan "khusyuk tetapi sederhana", kata Vatikan, setelah itu dia akan dimakamkan di makam kepausan di bawah Basilika Santo Petrus.

Vatikan belum merilis rincian daftar tamu, selain mengatakan bahwa itu akan mencakup delegasi dari Italia dan Jerman asli Benediktus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat