androidvodic.com

89 Prajurit Rusia Tewas dalam Serangan Rudal Ukraina, Moskow Salahkan Penggunaan Ponsel Ilegal - News

Laporan Wartawan News, Nur Febriana Trinugraheni
 
News, MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia pada hari ini, Rabu (4/1/2023) menyalahkan penggunaan ponsel secara ilegal oleh tentaranya atas serangan rudal mematikan Ukraina.

Dalam serangan tersebut dilaporkan menewaskan 89 prajurit Rusia.

Sebelumnya, Moskow juga melaporkan sebanyak 63 tentara Rusia tewas dalam serangan rudal Ukraina pada akhir pekan lalu.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-314: Kyiv Klaim Hancurkan 10 Unit Peralatan Moskow di Makiivka

Pernyataan kementerian pertahanan Rusia datang di tengah kemarahan beberapa komentator Rusia yang meningkat, yang semakin vokal dan menyebut invasi Rusia sebagai 'kampanye setengah hati di Ukraina'.

Sebagian besar kemarahan di media sosial diarahkan pada komandan militer Rusia, yang belum berkomentar secara terbuka mengenai serangan yang menjadi pukulan lain bagi Moskow dalam beberapa bulan terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan empat rudal Ukraina menghantam barak sementara Rusia di sebuah perguruan tinggi kejuruan di Makiivka, kota di Donetsk yang diduduki Rusia di Ukraina timur.

Meskipun penyelidikan resmi telah diluncurkan, alasan utama serangan itu jelas adalah penggunaan ponsel secara ilegal oleh prajurit, kata kementerian itu.

Baca juga: Puluhan Tentara Rusia Jadi Korban dalam Serangan Ukraina di Makiivka

"Faktor ini memungkinkan musuh untuk melacak dan menentukan koordinat lokasi tentara untuk serangan rudal," kata kementerian tersebut, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari ini, yang dikutip dari Reuters.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang jarang mengomentari serangan militer khusus Ukraina, tidak menyebutkan serangan itu dalam video pidato pada Selasa (2/1/2023), di mana dia mengatakan Rusia akan melancarkan serangan besar untuk meningkatkan kekayaannya.

"Kami tidak ragu bahwa penguasa Rusia saat ini akan membuang semua yang mereka miliki dan semua orang yang dapat mereka kumpulkan untuk mencoba mengubah gelombang perang dan setidaknya menunda kekalahan mereka," kata Zelenskyy.

“Kita harus menggagalkan skenario Rusia ini. Kita sedang mempersiapkan ini. Para teroris harus kalah. Setiap upaya ofensif baru mereka harus gagal,” lanjutnya.

Militer Ukraina mengatakan telah melancarkan serangan yang mengakibatkan hilangnya peralatan Rusia dan kemungkinan personel di dekat Makiivka.

Namun tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk informasi mengenai jumlah personel Rusia yang menjadi korban dalam serangan tersebut.

Baca juga: Parlemen Rusia Marah atas Serangan Ukraina di Makiivka yang Tewaskan 63 Tentara Rusia

Blogger nasionalis Rusia dan beberapa pejabat pro-Rusia di Donetsk menyebut jumlah korban tewas di Makiivka mencapai ratusan, meskipun beberapa mengatakan bahwa perkiraan tersebut dibesar-besarkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat