androidvodic.com

Johor Bahru Kebanjiran, 4.000 Orang Mengungsi - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, KUALA LUMPUR – Banjir hebat terjadi di negara bagian Johor Bahru, Malaysia hari ini, Rabu (25/1/2023), dan memaksa 4.000 orang mengungsi.

Badan penanggulangan bencana Malaysia menyatakan, banjir hebat ini menyebabkan 1.703 orang dari 469 keluarga mengungsi, menyusul hujan dengan intensitas lebat yang terus mengguyur wilayah itu sejak Selasa (24/1/2023).

"Sejauh ini pengungsi terbanyak berada di Segamat yakni sebanyak 1.417 orang, disusul Kluang (1.191), Mersing (640), Kota Tinggi (568) dan Batu Pahat (151)," kata badan penanggulangan bencana Malaysia, mengutip Straits Times.

“Ada tiga sungai yang sudah mencapai level berbahaya (merah), dengan enam sungai mencapai level awas (oranye),” imbuhnya.

Badan penanggulangan bencana Malaysia telah menyiapkan sejumlah tempat pengungsian bagi para korban banjir.

Mereka kembali memperingatkan bahwa cuaca ekstrem masih akan melanda wilayah Johor Bahru dalam beberapa hari mendatang.

Secara terpisah, wakil perdana menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, yang merupakan ketua Komite Manajemen Bencana Pusat, telah menyerukan langkah-langkah jangka panjang untuk menyelesaikan masalah banjir di negara tersebut, termasuk proyek mitigasi banjir holistik.

Baca juga: UNICEF: Empat Juta Anak Pakistan Korban Banjir Bandang Berisiko Meninggal

“Upaya pengelolaan banjir seperti itu, jika selesai, dapat memastikan pengelolaan banjir jangka panjang yang baik hingga beberapa tahun mendatang,” kata Ahmad Zahid.

Banjir merupakan fenomena tahunan di Malaysia yang terjadi akibat pergerakan angin muson timur laut yang membawa hujan lebat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat