androidvodic.com

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Iran, 3 Orang Tewas dan 816 Terluka karena Tertimpa Runtuhan Bangunan - News

News - Tiga orang meninggal dunia dan 816 terluka akibat gempa di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran, pada Sabtu (28/1/2023) sekira pukul 21.44 waktu setempat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Provinsi Azerbaijan Barat, Iran, Mohammad Sadegh Motamedian pada Minggu (29/1/2023).

"Akibat gempa, tiga orang meninggal dunia dan 816 orang luka-luka," katanya seperti dikutip dari TASS.

Menurut perkiraan awal, gempa tersebut merusak dua kota dan lebih dari 70 desa.

Diperkirakan 50 persen bangunan di sana hancur.

Baca juga: 1 Orang Tewas dan 2 Terluka dalam Penembakan Massal di Kedutaan Azerbaijan di Iran

Gempa di Iran

Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang kota Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat di barat laut Iran, Sabtu (28/1/2023) sekira pukul 21.44 waktu setempat.

Tercatat pusat gempa 23 kilometer ke tenggara kota Khoy, rumah bagi 175.000 orang.

Getaran gempa yang begitu kuat dirasakan di banyak wilayah di Provinsi Azarbaijan Barat sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga.

Gempa juga dirasakan di beberapa kota, termasuk di Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran.

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, gempa juga dirasakan di Turki, Irak, Armenia, dan Republik Azerbaijan.

Warga setempat yang bermalam di luar rumah setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Kota Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat di barat laut Iran pada Sabtu (28/1/2023) pukul 21.44 waktu setempat.
Warga setempat yang bermalam di luar rumah setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Kota Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat di barat laut Iran pada Sabtu (28/1/2023) pukul 21.44 waktu setempat. (Twitter/Voice of South Azerbaijan/@VoiceofSAz)

Baca juga: Uni Eropa Masukkan IRGC ke Daftar Organisasi Teroris, 37 Warga Iran Kena Sanksi Baru

Kepala Departemen Bulan Sabit Merah di Azarbaijan Barat, Hamid Mahbubi, mengatakan kepada IRNA bahwa tim bantuan dan penyelamatan telah dikirim ke Khoy.

Lebih dari 40 gempa susulan telah tercatat sejak hari Sabtu, yang terbesar berkekuatan 4,2 skala ritcher, seperti diberitakan Al Jazeera.

Kerusakan bangunan dan beberapa infrastruktur di kawasan tersebut dilaporkan akibat gempa, terutama bangunan tempat tinggal di belasan desa sekitar Khoy.

Sebuah mobil tertimpa reruntuhan bangunan setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Kota Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat di barat laut Iran pada Sabtu (28/1/2023) pukul 21.44 waktu setempat.
Sebuah mobil tertimpa reruntuhan bangunan setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Kota Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat di barat laut Iran pada Sabtu (28/1/2023) pukul 21.44 waktu setempat. (Twitter/Voice of South Azerbaijan/@VoiceofSAz)

Baca juga: Mata Uang Iran Capai Rekor Terendah di Tengah Ketegangan dengan Pihak Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat