androidvodic.com

Prancis Sita Ribuan Senjata yang Dikirim Iran Secara Ilegal ke Yaman - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, PARIS - Pasukan angkatan laut Prancis dilaporkan menyita ribuan senapan serbu, senapan mesin, dan rudal anti-tank yang dikirim dari Iran ke Yaman.

Melansir dari Al Jazeera, Iran tidak segera mengakui penyitaan itu. Namun, gambar-gambar senjata yang dirilis Komando Pusat militer Amerika Serikat menunjukkan senjata-senjata itu serupa dengan senjata yang disita oleh pasukan Amerika dalam pengiriman lain yang dikaitkan dengan Iran.

AS tidak merinci pasukan mana yang memimpin operasi penyitaan itu, dan mengatakan bahwa pihaknya telah "mendukung penyitaan oleh pasukan angkatan laut mitra", dalam pernyataannya pada Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Pabrik Senjata Iran Diserang Drone, Israel Diduga Jadi Dalangnya

Pengumuman penyelundupan senjata itu muncul ketika Iran menghadapi tekanan Barat yang meningkat atas pengiriman drone yang digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina, serta tindakan keras selama berbulan-bulan terkait aksi protes kematian Mahsa Amini.

Ketegangan regional juga meningkat setelah dugaan serangan pesawat tak berawak Israel di sebuah pabrik militer di kota Isfahan, Iran tengah.

Penyitaan terjadi pada 15 Januari di Teluk Oman, yang membentang dari Selat Hormuz hingga Laut Arab dan Samudera Hindia.

Komando Pusat AS menggambarkan penyitaan tersebut terjadi “di sepanjang rute yang secara historis digunakan untuk lalu lintas senjata secara tidak sah dari Iran ke Yaman”.

Resolusi PBB melarang pengiriman senjata ke pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang merebut ibu kota negara itu pada 2014 dan telah berperang dengan koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah negara yang diakui secara internasional sejak Maret 2015.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan penyitaan tersebut, mengidentifikasi pasukan yang terlibat dalam penyitaan itu sebagai pasukan khusus elit Prancis.

Baca juga: Pabrik Senjata Iran Diserang Drone, Israel Diduga Jadi Dalangnya

Seorang pejabat daerah yang mengetahui penyitaan tersebut, yang berbicara kepada Associated Press (AP), juga mengidentifikasi operasi tersebut dilakukan oleh pasukan Prancis.

Militer Prancis tidak menanggapi permintaan komentar mengenai penyitaan senjata. Begitu pula Komando Pusat AS tidak segera menanggapi pertanyaan tentang penyitaan tersebut.

Iran telah lama membantah mempersenjatai Houthi, meskipun negara-negara Barat, pakar PBB, dan lainnya telah melacak persenjataan mulai dari night vision scope, senapan, dan rudal dari Teheran.

Pada bulan November, Angkatan Laut AS menemukan 70 ton komponen bahan bakar rudal yang disembunyikan di antara kantong pupuk di atas kapal yang menuju Yaman dari Iran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat