androidvodic.com

Bantu Turki, Inggris akan Kirim Tim Tanggap Darurat ke Kahramanmaras - News

Laporan Wartawan News, Fitri Wulandari

News, LONDON - Inggris mengatakan akan mengirim spesialis pencarian dan penyelamatan serta tim medis darurat ke Turki, pasca gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter melanda negara itu dan menewaskan ribuan orang.

Kementerian Luar Negeri Inggris menyampaikan, 76 spesialis pencarian dan penyelamatan itu akan tiba di Turki pada Senin malam waktu setempat.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (6/2/2023), mereka juga akan membawa empat anjing pelacak dan peralatan penyelamat.

Baca juga: Korban Gempa di Turki Capai Ribuan Orang, Joe Biden Janji Kirimkan Bantuan

"Kami siap memberikan dukungan lebih lanjut sesuai kebutuhan," kata Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly dalam sebuah pernyataan.

Gempa bumi ini berpusat di selatan Turki, tepatnya di provinisi Kahramanmaras pada Senin pagi, pukul 04.17 waktu setempat.

Untuk diketahui, Turki dan Suriah merupakan negara tetangga, sedangkan pusat gempa yakni di Kahramanmaras berada di perbatasan kedua negara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun telah melakukan komunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras dan menyampaikan duka cita kepada masyarakat terdampak.

Tim SAR juga telah dikerahkan dari seluruh penjuru Turki.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menegaskan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat bagi masyarakat terdampak.

Baca juga: Update Gempa Turki dan Suriah, Berikut Daftar Negara yang Tawarkan Bantuan

Gempa Pertama Tadi Pagi

Gempa dengan kekuatan 7,8 magnitude terjadi pada Senin pagi waktu setempat ketika banyak orang masih tidur.

Setelah itu, belasan gempa susulan masih dirasakan warga selama berjam-jam.

Regu penyelamat kini masih melakukan tindakan pencarian dan penyelamatan orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan setelah ratusan gedung hancur di kedua negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat