androidvodic.com

Korban Meninggal di Gempa Besar Turki dan Suriah Tembus 500 Orang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, ANKARA - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 7,8 melanda Turki tengah dan Suriah barat laut, menewaskan lebih dari 500 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Dikutip dari Al Jazeera, gempa terjadi pada hari ini, Senin (6/2/2023) pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT), saat kebanyakan orang sedang tidur, pada kedalaman sekitar 17,9 kilometer (11 mil).

Selain mengguncang di Turki dan Suriah, gempa juga terasa hingga ke Siprus dan Lebanon.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay melaporkan 284 orang telah tewas dan 2.323 orang terluka, ketika pihak berwenang mengirim tim penyelamat dan memasok pesawat ke daerah yang terkena dampak gempa sembari menyatakan "alarm level 4" untuk meminta bantuan internasional.

Sebuah rekaman video dari CNNTurk menunjukkan kerusakan parah pada bangunan bersejarah Kastil Gaziantep.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui akun Twitter-nya mengatakan "tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim" ke daerah yang dilanda gempa.

Erdogan juga berbicara melalui panggilan telepon dengan gubernur dari delapan provinsi yang terkena dampak bencana tersebut, untuk mengumpulkan informasi mengenai situasi dan upaya penyelamatan.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, mengatakan setidaknya ada enam gempa susulan yang terjadi dan mendesak warga untuk tidak memasuki gedung yang rusak untuk menghindari bertambahnya korban.

“Prioritas kami adalah mengeluarkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dan memindahkan mereka ke rumah sakit,” katanya.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan bangunan-bangunan berubah menjadi tumpukan puing-puing di beberapa kota di tenggara Turki.

Baca juga: Belum Ada Laporan WNI Jadi Korban Gempa Bumi Dahsyat Magnigtudo 7,4 di Turki

Stasiun televisi Turki TRT dan surat kabar Haberturk menunjukkan gambar orang berkumpul di sekitar bangunan yang hancur di kota Kahramanmaras untuk mencari korban selamat.

Gambar lain menunjukkan orang-orang berlindung di mobil mereka di sisi jalan yang tertutup salju.

Warga mencari korban dan penyintas di tengah puing-puing bangunan yang runtuh, menyusul gempa bumi di desa Azmarin, dekat perbatasan Turki di utara provinsi Idlib barat laut yang dikuasai pemberontak Suriah, awal 6 Februari 2023. - Setidaknya 100 dilaporkan tewas di Suriah utara setelah gempa berkekuatan 7,8 yang berasal dari Turki dan dirasakan di negara-negara tetangga. (Photo by OMAR HAJ KADOUR / AFP)
Warga mencari korban dan penyintas di tengah puing-puing bangunan yang runtuh, menyusul gempa bumi di desa Azmarin, dekat perbatasan Turki di utara provinsi Idlib barat laut yang dikuasai pemberontak Suriah, awal 6 Februari 2023. - Setidaknya 100 dilaporkan tewas di Suriah utara setelah gempa berkekuatan 7,8 yang berasal dari Turki dan dirasakan di negara-negara tetangga. (Photo by OMAR HAJ KADOUR / AFP) (AFP/OMAR HAJ KADOUR)

Sementara di Suriah, yang menghadapi perang saudara lebih dari satu dekade, seorang pejabat kesehatan pemerintah mengatakan lebih dari 237 orang tewas dan sekitar 600 orang terluka, sebagian besar di provinsi Hama, Aleppo dan Latakia, di mana banyak bangunan runtuh.

Baca juga: Hunian WNI di Turki Rusak Karena Gempa, KBRI Upayakan Buka Rumah Penampungan Sementara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat