androidvodic.com

Indonesia Akan Kirim Tim SAR Standar Internasional & Uang USD1 Juta untuk Korban Gempa Turki-Suriah - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa Turki dan Suriah.

Plt Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatikom) BNPB, Abdul Muhari RI akan mengirimkan Tim Medium Urban Search and Rescue (MUSAR) sebanyak 47 personel dari Basarnas dengan kualifikasi standar internasional hingga uang sebesar USD 1 juta masing-masing untuk Turki dan Suriah.

Baca juga: Indonesia Kerahkan 4 Pesawat Bawa 70 Ton Bantuan Logistik untuk Turki dan Suriah

Adapun mekanisme pemberian bantuan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Ia mengatakan bahwa penerjunan Tim MUSAR itu akan diiringi dengan 12 personel BNPB.

Adapun tim tersebut akan diberangkatkan dalam waktu 1-2 hari ke depan.

“Saat ini kita sedang menunggu flight clereance untuk kita bisa membawa personel ini lengkap dengan peralatan yang seluruhnya dibawa dari Indonesia,” kata Abdul Muhari saat konferensi pers secara virtual, Kamis (9/2/2023).

“Termasuk 2 unit kendaraan operasional yang akan digunakan nanti di Turki yang kita bawa dari Indonesia dengan menggunakan pesawat hercules dari TNI,” lanjut dia.

Kemudian tahap selanjutnya, Indonesia akan mengirimlan Tim Emergency Medical Technician atau Tim EMT yang beranggotakan 90 orang dari Kementerian Kesehatan, TNI-Polri hingga masyarakat yang sudah terkualifikasi.

Kata dia, Tim EMT ini juga akan dibekali perangkat dan obat-obatan beserta satu unit rumah sakit lapangan yang difasiktiasi lengkap dengan fasilitas dan kemampuan serta kapabilitas utk melakukan oprasi pertolongan korban, operasi medis secara darurat di lapangan

“Sehingga kita harapkan personel alat persngkat dan rumah samit lapangan ini nantinya benar-benar bisa berfungsi optimal dalam mendukung operasi penyelamatan korban di daerah terdampak di Turki,” katanya.

Tahapan selanjutnya, Indonesia akan mengirimkan dana bantuan kemansuiaan sebesar USD1 juta untuk Turki dan Suriah.

Selain dukungan dana, Indonesia juga akan mengirimkan bantuan logistik berupa makanan dan peralatan yang dibutuhkan para korban yang akan dikirimkan secara langsung.

Adapun pengirimannya nanti akan dilakukan dalam waktu dekat ini, yang masing-masing menggunakan 2 pesawat.

“Jadi totalnya ada 4 unit pesawat, dengan total dukungan logistik 70 ton untuk masing-masing negara Turki dan Suriah,” tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat