androidvodic.com

104 Jam Terjebak, Seorang Wanita Berhasil Diselamatkan dari Reruntuhan Puing Akibat Gempa Turki - News

Laporan Wartawan News, Nur Febriana Trinugraheni

News, KIRIKHAN - Tim penyelamat berhasil mengeluarkan seorang wanita dalam keadaan hidup dari puing-puing bangunan yang runtuh di Turki pada Jumat (10/2/2023).

Wanita tersebut berhasil diselamatkan setelah 104 jam terkubur oleh reruntuhan bangunan akibat gempa besar yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

"Sekarang saya percaya pada keajaiban," kata pemimpin tim penyelamat, Steven Bayer, seperti yang dikutip dari Reuters.

Para kru kemudian mengangkat wanita tersebut, yang bernama Zeynep Kahraman dan berusia 40 tahun, dengan tandu melewati balok beton yang hancur di kota Kirikhan, Turki.

Baca juga: Terbang ke Istanbul, ASFA Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

"Anda dapat melihat orang-orang menangis dan saling berpelukan. Sungguh melegakan bahwa wanita ini dalam kondisi seperti itu keluar dengan sangat bugar. Ini benar-benar keajaiban," katanya.

Kahraman berbaring diam, tubuhnya diikat ke tandu dengan tangan di dada, matanya terlindung dari cahaya karena kacamata hitam yang dia kenakan.

Adik perempuannya, Zuebeyde, memandangnya dan terlihat memeluk seorang pekerja dari tim Pencarian dan Penyelamatan Internasional Jerman (ISAR).

"Wanita itu berhasil melewatinya. Dia tidak menyerah," kata salah satu kru penyelamat, Tamara Reither, saat kerumunan orang bertepuk tangan menyambut evakuasi Kahraman.

"Kami semua sangat bersyukur dia terbaring di ambulans ini sekarang. Saya tidak punya kata-kata," tambahnya.

Keluarga Kahraman mengatakan mereka telah menunggu dua hari sampai tim penyelamat tiba setelah gempa bumi mengguncang pada Senin pagi.

Baca juga: Update Gempa Turki dan Suriah: Lebih dari 22.000 Orang Tewas selama 5 Hari Evakuasi

Pekerja Jerman melakukan kontak dengan Zeynep Kahraman saat dia masih berada jauh di dalam puing-puing dan menjaganya tetap terhidrasi melalui selang. Pada satu titik, mereka membantu Zuebeyde menuruni tangga di dekat posisi kakaknya untuk berbicara dengan Kahraman.

Jumlah Korban Tewas Mencapai 22.000 Jiwa

Korban tewas yang dikonfirmasi akibat gempa paling mematikan di Turki dan Suriah dalam dua dekade terakhir mencapai 22.000 jiwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat