androidvodic.com

Dua WNI yang Jadi Korban Tewas akibat Gempa Turki Teridentifikasi, Asal Bali dan Lombok - News

News - Dua WNI ditemukan meninggal dunia akibat gempa dahsyat yang mengguncang Turki-Suriah pada 6 Februari 2023 lalu.

Kedua WNI tersebut bernama Ni Wayan Supini asal Bali dan Irma Lestari asal Lombok.

Mereka ditemukan dalam apartemen Galeria yang menjadi tempat kedua korban tinggal di Kota Diyarbarkir pada Jumat (17/2/2023).

Sebagai informasi, selain Supini dan Irma, ada 89 korban meninggal yang tinggal di apartemen tersebut.

Sebelumnya, kedua WNI tersebut adalah korban gempa yang tidak bisa dihubungi oleh KBRI Ankara.

Dilansir laman KBRI Ankara, awal pencarian dilakukan pada Kamis (16/2/2023) saat tim gabungan KBRI Ankara-INASAR (Basarnas) melakukan pencarian di Diyarbakir yang dipimpin oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha.

Baca juga: INH Salurkan Bantuan dari Masyarakat Indonesia untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Tim ini berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) untuk melakukan pencarian.

"Setelah jenazah ditemukan, proses identifikasi dilakukan dengan dukungan Tim DVI Polri yang saat ini sedang berada di Hatay. Dari hasil identifikasi tersebut, kedua jenazah yang ditemukan dapat dikonfirmasi identitasnya," tulis KBRI Ankara.

Terpisah, Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal mengungkapkan pemulangan segera diupayakan oleh KBRI Ankara dan Kemlu.

Diperkirakan kedua jenazah akan diberangkatkan ke Tanah Air pada Rabu (22/2/2023).

"Saat ini tim sedang melakukan pemulasaran dan membawa jenazah dari Diyarbakir ke Adana untuk proses pemulangan ke tanah air. Jenazah akan diberangkatkan dari Adana ke Jakarta tanggal 22 Februari 2023," jelas KBRI Ankara.

Dengan ada tambahan ini, maka WNI yang tewas akibat gempa Turki-Suriah menjadi empat orang.

Update Gempa Turki-Suriah: 46 Ribu Korban Tewas, 84 Ribu Bangunan Rusak

Seorang tentara Turki berjalan di antara bangunan yang hancur di Hatay, pada 12 Februari 2023, setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda tenggara negara itu. - Korban tewas akibat gempa besar yang melanda Turki dan Suriah naik menjadi lebih dari 20.000 pada 9 Februari 2023, karena harapan untuk menemukan korban yang selamat terjebak di bawah puing-puing dalam cuaca yang sangat dingin. (Photo by Yasin AKGUL / AFP)
Seorang tentara Turki berjalan di antara bangunan yang hancur di Hatay, pada 12 Februari 2023, setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda tenggara negara itu. - Korban tewas akibat gempa besar yang melanda Turki dan Suriah naik menjadi lebih dari 20.000 pada 9 Februari 2023, karena harapan untuk menemukan korban yang selamat terjebak di bawah puing-puing dalam cuaca yang sangat dingin. (Photo by Yasin AKGUL / AFP) (AFP/YASIN AKGUL)

Dilansir Aljazeera, hari kedua belas gempa Turki-Suriah telah memakan korban tewas sebanyak 46.000 jiwa dan tercatat lebih dari 84.000 bangunan mengalami rusak berat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat