androidvodic.com

Ukraina Desak Anggota Kongres AS untuk Kirimkan Jet Tempur F-16 - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, MUNICHUkraina mendesak anggota Kongres Amerika Serikat agar segera mengirim jet tempur F-16 ke Kyiv. Permintaan tersebut disampaikan seorang pejabat Ukraina ketika mengadakan pertemuan dengan anggota Kongres AS di sela Konferensi Keamanan Munich, Minggu (19/2/2023).

“Mereka (pejabat Ukraina) telah meminta kami untuk mengirimkan jet tempur F-16 demi menekan pertahanan udara musuh,” kata Mark Kelly, anggota Kongres AS.

Sebelumnya, presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menolak untuk memberikan jet tempur F-16 untuk Ukraina. Biden justru lebih berfokus pada penyediaan senjata yang dapat digunakan secara langsung di medan perang tanpa adanya pelatihan untuk pasukan Ukraina.

Senator AS dari Partai Republik Lindsey Graham mengatakan anggota parlemen AS secara luas mendukung pelatihan pilot Ukraina untuk jet tempur F-16 dan mengatakan dia yakin pemerintahan Biden akan segera setuju untuk mengirimkannya.

Graham menepis kekhawatiran pemberian jet tempur F-16 akan meningkatkan konflik.

"Jangan khawatir apabila nantinya (Presiden Rusia) Vladimir Putin akan terprovokasi, tetapi Ukraina harus tahu bagaimana cara mengalahkannya," sambungnya.

Baca juga: Inggris Dukung Negara Manapun yang Bersedia Kirim Jet Tempur ke Ukraina

Seruan untuk memasok Ukraina dengan jet tempur canggih mengikuti kesepakatan bulan lalu oleh Prancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman, yang juga telah memasok Kyiv dengan tank tempur modern.

Baca juga: Ditolak AS, Ukraina Kirim Utusan Untuk Rayu Prancis Pasok Jet Tempur ke Kiev

Terlepas dari apakah AS akan mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina, Washington hingga saat ini telah memberikan bantuan militer senilai 30 miliar dolar AS untuk membantu Kyiv menghadapi invasi Moskow.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat