androidvodic.com

Suku Bunga Jangka Panjang Bank Sentral Jepang Pertama Kali Naik di Atas 0,5 Persen - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO -  Suku bunga jangka panjang Bank Sentral Jepang (BOJ) untuk pertama kali naik di atas 0,5 persen menjadi 0,505 persen Selasa ini (21/2/2023).

Di pasar obligasi Jepang (JGB) pada hari ini, suku bunga jangka panjang naik menjadi 0,505 persen pada satu titik karena pesanan penjualan untuk JGB meningkat, melebihi batas atas BOJ sebesar 0,5% untuk pertama kalinya naik di atas angka tersebut dalam satu bulan terakhir ini menjelang perubahan Gubernut BOJ mendatang.

Tekanan ke atas pada suku bunga meningkat karena spekulasi bahwa Bank of Japan akan bergerak untuk merevisi pelonggaran moneter di bawah gubernur yang baru.

JGB dijual dalam harga dan suku bunga naik, tetapi di pasar obligasi pada tanggal 21 Februari ini  JGBs dijual, dan imbal hasil JGB 10-tahun, yang merupakan indikator representatif dari suku bunga jangka panjang, naik menjadi 0,505% pada satu titik.

"Masih ada kemungkinan suku bunga tersbeut meningkat lagi dalam waktu dekat tampaknya," papar sumber News Selasa (21/2/2023).

Pada Desember tahun lalu, Bank of Japan merevisi langkah-langkah pelonggaran moneter skala besar untuk menaikkan batas atas kisaran fluktuasi suku bunga jangka panjang menjadi sekitar 0,5 persen, tetapi ini adalah pertama kalinya dalam sekitar satu bulan lebih  sejak 18 Januari  batas atas ini telah terlampaui.

Di pasar obligasi, spekulasi bahwa Bank of Japan akan merevisi langkah-langkah pelonggaran moneter di bawah gubernur baru telah menyebabkan gerakan yang berkembang untuk menjual JGB guna mengantisipasi kenaikan suku bunga.

Seorang pelaku pasar mengatakan, "Pertemuan mengenai calon Gubernur  Kazuo Ueda, kandidat gubernur BOJ yang baru, dijadwalkan akan diadakan pada tanggal  24 Februari 2023. Perhatian pelaku pasar finansial difokuskan pada isi pernyataannya tentang langkah-langkah pelonggaran moneter saat ini, yang telah ditunjukkan memiliki efek samping."

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@jepang.com  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat