androidvodic.com

California Jadi Kota Mati, 85.000 Rumah Minim Penerangan Akibat Badai Salju - News

Laporan Wartawan News  Namira Yunia Lestanti

News, LOS ANGELES – Lebih dari 85.000 rumah di California mengalami mengalami pemadaman listrik massal.

Kondisi serupa juga dialami 400 ribu pelanggan perusahaan listrik DTE Energy yang berbasis di Detroit usai dihantam badai salju ekstrem sejak Sabtu (25/2/2023).

Tak hanya itu badai besar disertai angin kencang 60 mil per jam dan hujan deras dengan intensitas  4,6 inci di kecepatan 50 hingga 70 mil per jam telah membuat sejumlah wilayah di California, Amerika Serikat mengalami ancaman banjir bandang.

Baca juga: Badai Salju Hebat di Amerika Serikat, Paksa Lebih dari 1.000 Penerbangan Pesawat Dibatalkan

Bahkan akses ke lima kota di Los Angeles County termasuk desa Atwater terpaksa ditutup selama beberapa jam setelah banjir menggenangi seluruh jalur jalan raya.

Sementara jalan raya terbesar yang mengarah ke utara ke luar kota Los Angeles  harus mengalami penutupan sementara karena  tanjakan curam yang dikenal sebagai Grapevine tertimbun tumpukan salju tebal.

"Dampak ekstrim dari salju tebal dan angin akan menyebabkan kondisi mengemudi yang sangat berbahaya hingga tidak mungkin dan kemungkinan penutupan jalan yang meluas serta dampak infrastruktur!" kata Departemen Perhubungan California di Twitter.

Imbas cuaca ekstrem puluhan pohon-pohon di sejumlah wilayah dilaporkan roboh, bahkan tak sedikit daerah ikut dilanda banjir bencana tanah longsor seperti Oklahoma, Texas, dan Kansas pada akhir pekan ini.

 "Ini adalah kasus langka dari peristiwa badai yang signifikan dan dingin," kata  Bryan Jackson, seorang ahli di Pusat Prediksi Cuaca NWS di College Park, Maryland.

Seperti yang dilansir dari Reuters badai pertama kali muncul setelah salju mengguyur pegunungan California, tak lama dari itu guyuran salju disertai es menghujani dataran rendah dengan intensitas yang lebih deras pada Jumat malam (24/2/2022).

Bukannya mereda badai justru semakin deras dan bergerak melalui Sacramento menuju ke utara hingga wilayah Seattle.

Baca juga: Ada Badai Salju, Begini Dampak Suhu Dingin yang Ekstrem pada Tubuh Manusia

Pemerintah setempat hingga kini belum merinci apakah bencana ini telah memakan korban luka atau meninggal dunia.

Namun menurut informasi yang beredar dari Layanan Cuaca Nasional memperkirakan jutaan penduduk ibu kota negara bagian California Utara hingga San Francisco akan terkunci dalam kota karena guyuran salju dan hujan angin hingga 80 kpj selama beberapa hari kedepan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat