androidvodic.com

Kisah 3 WNI Pemagang Terima Penghargaan dari Kepolisian Jepang Usai Menolong Bocah Tenggelam - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Tiga WNI pemagang asal Indonesia mendapatkan sertifikat penghargaan dari kepolisian Jepang.

Penghargaan diberikan Kepolisian Jepang karena ketiga WNI tersebut berhasil menolong seorang bocah laki-laki warga Jepang berusia 5 tahun yang tercebur di dalam Waduk Kasahara di Tottori.

Ketiga WNI itu adalah Adi Reinaldi (27), Nazzil Zanari (29) asal Majalengka dan Rohmadi (32) asal Sragen.

Bagaimana kisahnya Adi, Nazzil dan Rohmadi saat menolong bocah yang tercebur di dalam waduk?

Baca juga: Selama 3 Tahun Kematian di Jepang Akibat Covid-19 Terendah Dibandingkan 10 Negara Lain

Berikut kisahnya.

"Saat pulang ke rumah saya sekitar 100 meter dari rumah ada waduk Kasahara dan kebetulan saya melihat ada anak kecil laki-laki usia 5 tahun sepertinya tercebur," kata Adi khusus kepada News, Jumat (10/3/2023) malam.

Peristiwa itu terjadi pada 11 Februari 2023 sekitar pukul 16.30 waktu setempat.

Adi secara spontan turun dari mobil dan bersama Nazzil serta Rohmadi ikut membantu menolong bocah tersebut yang hampir tenggelam di waduk tersebut.

Belakangan waduk itu akhirnya dikeringkan pemda setempat buntut kasus kecelakaan tersebut.

"Ayah anak itu melapor ke polisi dan menjelaskan bahwa kita bertiga berhasil menyelamatkan anaknya. Kalau terlambat sedikit mungkin anak itu meninggal. Orangtuanya sampai menangis di hadapan polisi dan berterima kasih sekali kepada kita," kata Adi.

Petugas polisi kemudian melaporkan kepada kepala polisi setempat peristiwa tersebut serta menyelidiki tempat tinggal Adi, Nazzil dan Rohmadi.

Akhirnya Kepala Polisi Kepolisian Kotoura Oyama Prefektur Tottori Jepang memutuskan mengeluarkan kanshajo atau sertifikat penghargaan kepolisian Jepang kepada mereka bertiga.

"Tindakan cepat ketiga orang itu, penuh dengan rasa keadilan, menyebabkan penyelamatan nyawa yang sangat baik. Kami memuji usaha mereka itu dan terima kasih," kata Tsutomu Yamamasu, Kepala Kepolisian Kotoura saat menyampaikan penghargaan kepada Adi dan teman-temannya.

Baca juga: Gadis Cilik dari Indonesia Berhasil Dioperasi Penyakit Jantung Bawaan yang Rumit di Jepang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat