androidvodic.com

30 Imigran Libya Hilang di Laut Mediterania setelah Kapal Kecil yang Ditumpangi Terbalik - News

News - Sebanyak 30 imigran hilang dan 17 orang telah diselamatkan di laut Mediterania tengah setelah kapal yang mereka tumpangi dari Libya terbalik dalam cuaca buruk pada Minggu (12/3/2023).

Operasi penyelamatan saat ini sedang berlangsung, dibantu oleh kapal dagang dan bantuan udara oleh badan perbatasan Uni Eropa Frontex.

Sementara dua kapal dagang lainnya sedang dalam perjalanan ke daerah itu.

Sebelumnya pada hari Minggu, badan amal Mediterranea, Saving Humans, men-tweet, menurut beberapa sumber, kapal tersebut berlayar ke arah Italia, telah terbalik sekitar 177 km (110 mil) barat laut Benghazi.

Alarm Phone, badan amal lain yang menerima panggilan dari kapal migran yang sedang dalam kesulitan, mengatakan mereka pertama kali memberi tahu pihak berwenang pada Sabtu (11/3/2023).

Badan amal itu mengatakan kapal yang membawa 47 orang tersebut perlu segera diselamatkan, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: 5 Imigran Tewas Tenggelam di Laut Turki saat Naik Perahu Karet di Tengah Badai

Setelah upaya penyelamatan awal oleh kapal dagang gagal karena cuaca buruk, pihak berwenang Libya meminta bantuan Roma, karena tidak memiliki sarana untuk melakukan penyelamatan.

Pihak Roma kemudian meminta kapal dagang di daerah tersebut untuk bergabung dalam upaya penyelamatan.

Diketahui, kapal terbalik ini terjadi di luar wilayah pencarian dan penyelamatan Italia.

Kapal migran tersebut terbalik saat akan memindahkan orang ke kapal dagang “FROLAND” pada Minggu (12/3/2023) pagi.

Kepala misi Mediterranea Luca Casarini mengatakan kepada kantor berita Reuters, empat kapal dagang masih berada di daerah tersebut.

Kapal dagang Italia di dekat sebuah kapal imigran yang terombang-ambing di Laut Mediterania pada Minggu (12/3/2023). Kapal dagang terdekat ini tidak diperlengkapi untuk penyelamatan dan telah diperintahkan oleh otoritas Italia untuk menunggu penjaga Pantai Libya, tapi mereka tidak datang.
Kapal dagang Italia di dekat sebuah kapal imigran yang terombang-ambing di Laut Mediterania pada Minggu (12/3/2023). Kapal dagang terdekat ini tidak diperlengkapi untuk penyelamatan dan telah diperintahkan oleh otoritas Italia untuk menunggu penjaga Pantai Libya, tapi mereka tidak datang. (Sea Watch International)

Baca juga: 343 Imigran Gelap Meksiko Ditemukan di Truk Terbengkalai di Teluk Veracruz

Kapal Imigran Tenggelam di Italia

Penampakan kapal imigran ini disaksikan oleh sejumlah pihak yang memantau laut Mediterania.

Minggu pagi, Alarm Phone men-tweet soal tiga kapal dagang berada di lokasi, namun tidak tahu apakah operasi penyelamatan sedang berlangsung karena kehilangan kontak dengan kapal tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat