androidvodic.com

Djauhari Oratmangun: Generasi Muda sebagai Katalis Penguatan Hubungan Asean-Tiongkok - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, TIONGKOK  - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Djauhari Oratmangun mengatakan, Asean dan Tiongkok secara aktif mendukung dan mempromosikan pertukaran budaya khusunya generasi muda antar kedua negara.

“Generasi muda merupakan aset bagi Asean dan Tiongkok karena merupakan pemimpin masa depan di kawasan, pengambil kebijakan, inovator, dan influencer,” ujar Dubes Djauhari saat memberikan sambutan pada Asean-China Youth Exchange Week 2023 di Chengdu Du Fa Thatched, Kota Chendu melalui keterangan tertulis, Kamis (16/3/2023).

Acara Asean -China Youth Exchange Week 2023 terselenggara berkat kerja sama Kedubes Negara-Negara Asean, Asean -China Center, Pemerintah Kota Chengdu, dan Universitas Chengdu.

Dikatakannnya, hubungan antara Asean dan RRT dalam 5 tahun terakhir terus meningkat dan pada KTT Asean dan China 2 tahun lalu telah disepakati peningkatan hubungan kerja sama menjadi Comprehensive Strategic Partnership.

Baca juga: Menkumham Yasonna Ajak Dubes Negara Sahabat Meriahkan Pekan Olahraga Pemasyarakatan

Hal ini terbukti dari peningkatan nilai perdagangan dan investasi keduanya bahkan Asean menjadi mitra dagang terbesar RRT.

"Dalam 3 pilar kerja sama Asean dan RRT, sosial dan budaya merupakan katalis dan pondasi bagi people-to-people contact," kata Dubes.

Dubes mengharapkan melalui acara ini diharapkan juga generasi muda dapat menguatkan hubungan kerja sama antara Asean dan RRT di masa depan.

Pada saat yang bersamaan, Ibu Elsiwi Oratmangun juga membuka dan memamerkan 10 lukisan karya pribadinya yang bertemakan pemandangan alam Indonesia dan RRT serta Rumah Tradisional Indonesia yaitu Rumah Gadang.

Lukisan-lukisan beliau dilukis sesuai dengan pengalaman pribadi yang beliau lihat dan rasakan.

Ibu Elswi berharap lukisan dapat menjadi sarana pertukaran budaya antar kedua negara khususnya generasi muda dan berharap semakin banyak wisatawan RRT ke Indonesia dengan melihat lukisan beliau.

Selain di Chengdu, lukisa Ibu Elsiwi juga telah dipamerkan di berbagai kota di RRT bahkan hingga di Nepal, Dhaka, Tokyo, Budapest, dan Moskow.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat