androidvodic.com

Polandia akan Kirim 4 Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina, AS Tak Ingin Ikuti Langkahnya - News

News - Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengatakan akan memberi Ukraina empat jet tempur MiG-29 dalam beberapa hari mendatang.

Dengan ini, Polandia menjadi negara NATO pertama yang memenuhi permintaan Ukraina terkait jet tempur.

"Polandia saat ini memiliki sekitar selusin MiG-29 buatan Soviet, yang diambil alih dari bekas stok Jerman Timur pada awal 1990-an," katanya, Kamis (16/3/2023), dikutip dari Al Jazeera.

Presiden Andrzej Duda memastikan empat jet tempur yang dikirim itu masih dalam keadaan berfungsi penuh.

“Mereka berada di tahun-tahun terakhir fungsinya, tetapi mereka dalam kondisi kerja yang baik,” kata Presiden Andrzej Duda.

Baca juga: AS Rilis Video Jet Tempur Su-27 Rusia Tabrak Drone AS MQ-9 Reaper di Laut Hitam

Presiden Andrzej Duda mengatakan pesawat pertama yang diserahkan adalah warisan dari Jerman Timur setelah jatuhnya Tembok Berlin.

Ia tidak dapat memastikan apakah negara NATO lainnya akan mengikuti langkah Polandia.

Selain jet tempur, Polandia juga merupakan negara pertama NATO yang menyediakan tank Leopard 2 buatan Jerman untuk Ukraina.

Satu hari sebelumnya, juru bicara pemerintah Polandia, Piotr Mueller, mengatakan beberapa negara lain juga telah menjanjikan jet tempur MiG ke Ukraina, seperti Slovakia.

Hingga saat ini, pendukung Ukraina di NATO hanya menyediakan suku cadang untuk armada pesawat tempur era Sovietnya, dikutip dari The Guardian

Tahun 2022 lalu, Polandia menawarkan untuk menyerahkan semua MiG-nya ke AS di pangkalan udaranya di Ramstein, Jerman, sehingga bisa diteruskan ke Ukraina.

Namun, AS menolak rencana tersebut.

Ukraina mencoba meyakinkan Amerika Serikat, militernya akan mampu menggempur pertahanan udara Rusia jika dipersenjatai jet tempur F-16.
Ukraina mencoba meyakinkan Amerika Serikat, militernya akan mampu menggempur pertahanan udara Rusia jika dipersenjatai jet tempur F-16. (Japan Times/Kyodo)

Baca juga: Jet Tempur Typhoon Inggris-Jerman Cegat Manuver Pesawat Rusia di Wilayah Estonia

AS Tak Terpengaruh untuk Ikut Kirim Jet Tempur

Amerikat Serikat (AS) mengatakan keputusan Polandia untuk mengirim jet tempur adalah keputusan berdaulat atau atas kemauan Polandia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat