androidvodic.com

Parlemen Uganda Sahkan UU Anti-LGBTQ+, Penyuka Sesama Jenis Dapat Dihukum Mati - News

News - Anggota parlemen di Uganda mengesahkan undang-undang anti-LGBTQ+, yang dapat menjatuhkan hukuman mati bagi para homoseksual "parah".

Homoseksual parah yang dimaksud yaitu hubungan sesama jenis dengan seseorang di bawah 18 tahun atau ketika pelaku menderita HIV positif, mengutip Reuters.

UU itu mendapat kecaman keras dari para aktivis hak asasi manusia.

Dilaporkan The Guardian, pada Selasa (21/3/2023) malam, 387 legislator memberikan suara untuk RUU anti-homoseksualitas garis keras.

“Seseorang yang melakukan pelanggaran homoseksualitas yang parah dan bertanggung jawab, dengan keyakinan untuk menderita kematian,” bunyi RUU yang diajukan oleh Robina Rwakoojo, ketua urusan hukum dan parlementer.

Hanya dua anggota parlemen dari partai yang berkuasa, Fox Odoi-Oywelowo dan Paul Kwizera Bucyana, yang menentang undang-undang baru tersebut.

Baca juga: PM Jepang Tunjuk Masako Mori sebagai Penasihat Khusus, Tugasnya Beri Pemahaman Soal LGBT

“RUU itu tidak dipahami dengan baik, berisi ketentuan yang tidak konstitusional, membalikkan keuntungan yang dicatat dalam perang melawan kekerasan berbasis gender dan mengkriminalkan individu alih-alih perilaku yang bertentangan dengan semua norma hukum yang dikenal,” kata Odoi-Oywelowo.

“RUU itu tidak memperkenalkan nilai tambah apa pun pada buku undang-undang dan kerangka kerja legislatif yang tersedia,” tambahnya.

Versi sebelumnya dari RUU tersebut memicu kecaman internasional yang meluas dan kemudian dibatalkan oleh pengadilan konstitusi Uganda atas dasar prosedural.

RUU tersebut sekarang akan diserahkan kepada Presiden Yoweri Museveni, yang dapat memveto atau menandatanganinya menjadi undang-undang.

Dalam pidatonya baru-baru ini, Museveni muncul untuk menyatakan dukungannya terhadap RUU tersebut.

Seorang anggota parlemen di ruangan itu, John Musila, mengenakan pakaian bertuliskan: “Katakan Tidak Untuk Homoseksual, Lesbianisme, Gay.”

RUU tersebut menandai serangkaian kemunduran untuk hak LGBTQ+ di Afrika, di mana homoseksualitas adalah ilegal di sebagian besar negara.

Di Uganda, sebuah negara Kristen yang sebagian besar konservatif, hubungan homoseksual sudah dapat dihukum penjara seumur hidup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat