androidvodic.com

Update Gempa Afghanistan-Pakistan, Korban Tewas Capai 12 Orang, Getaran Dirasakan hingga India - News

News - Sedikitnya 12 orang tewas setelah gempa kuat melanda timur laut Afghanistan pada Selasa (21/3/2023).

Getaran terasa di beberapa kota besar di Pakistan hingga Ibu Kota India, New Delhi.

Menurut Juru bicara Kementerian Penanggulangan Bencana Shafiullah Rahimi, sedikitnya tiga orang tewas dan delapan lainnya terluka di Provinsi Laghman timur laut Afghanistan.

BBC melaporkan, seorang anak termasuk di antara mereka yang tewas di Provinsi Laghman, dekat perbatasan negara itu dengan Pakistan, lapor AFP.

Banyak keluarga keluar dari rumah mereka merayakan Tahun Baru Persia atau Norwuz ketika gempa melanda.

Sementara di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, menurut Otoritas Manajemen Bencana Provinsi (PDMA), sembilan orang tewas – termasuk dua anak – saat rumah dan bangunan lain runtuh. 

Ada 44 lainnya terluka di provinsi tersebut.

Baca juga: Update Gempa Turki-Suriah, Wapres Turki Fuat Oktay Ungkap 49.589 Orang Tewas, 6.807 di Antaranya WNA

Gempa 6,5 SR

Gempa berkekuatan 6,5 membuat penduduk di kota-kota di seluruh Afghanistan utara dan Pakistan mengungsi dari rumah mereka.

Pusat gempa berada sekira 40 kilometer (24 mil) tenggara kota Jurm di Afghanistan, Pegunungan Hindu Kush dengan kedalaman 187,6 kilometer (116 mil), demikian Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan.

Guncangan gempa membuat bangunan runtuh dan memicu tanah longsor.

"Itu adalah getaran yang mengerikan. Saya belum pernah merasakan getaran seperti ini sebelumnya dalam hidup saya," kata penduduk Kabul, Khatera kepada kantor berita AFP setelah bergegas keluar dari apartemennya di lantai lima.

Baca juga: Gempa M 6,5 Guncang Pakistan-Afghanistan, 2 Orang Dilaporkan Tewas, Ratusan Luka-luka

Penduduk Afghanistan berkumpul di bagian bawah gedung apartemen mereka setelah gempa kuat di Kabul pada 21 Maret 2023. Gempa kuat yang berlangsung setidaknya selama 30 detik dirasakan di sebagian besar Afghanistan, Pakistan, dan sebagian India Selasa malam, dengan Amerika Serikat Survei Geologi menempatkan besarnya pada 6,5.
Penduduk Afghanistan berkumpul di bagian bawah gedung apartemen mereka setelah gempa kuat di Kabul pada 21 Maret 2023. Gempa kuat yang berlangsung setidaknya selama 30 detik dirasakan di sebagian besar Afghanistan, Pakistan, dan sebagian India Selasa malam, dengan Amerika Serikat Survei Geologi menempatkan besarnya pada 6,5. (STR/AFP)

Tanah longsor juga memblokir jalan-jalan di Kota Abbotabad, Pakistan utara, menurut Bilal Faizi, juru bicara layanan penyelamatan Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Gambar dari Saidu Sharif, sebuah kota di Lembah Swat Pakistan menunjukkan ambulans membawa korban gempa ke rumah sakit saat kerumunan orang berkumpul di luar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat