androidvodic.com

Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Didiagnosis Menderita Leukemia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, ROMA - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi didiagnosis menderita leukemia dan kini dirawat intensif oleh tim dokter.

Pria berusia 86 tahun itu dirawat di rumah sakit di Milan sejak Rabu lalu, setelah mengeluh masalah pernafasan.

"Silvio Berlusconi saat ini dalam perawatan intensif untuk mengobati infeksi paru-paru," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh tim medisnya di Rumah Sakit San Raffaele Milan, Kamis kemarin.

Mereka juga mengkonfirmasi bahwa ia telah didiagnosis menderita leukemia myelomonocytic kronis, yang berkontribusi pada kondisi paru-parunya.

"Peristiwa menular itu dibingkai dalam konteks kondisi darah kronis yang ia alami selama beberapa waktu," jelas pernyataan itu.

Tim medis, yang dipimpin oleh dokter pribadi Berlusconi, Alberto Zangrillo, mengatakan 'strategi terapi' akan diterapkan untuk membatasi 'efek negatif' dari kondisinya.

"Berlusconi menghabiskan malam yang tenang, kondisinya stabil. Kita semua optimis dan berharap 'singa' segera kembali memimpin partai. Ia adalah pemimpin politik kami dan tentu saja ia tidak akan pernah menyerah," kata Wakil Perdana Menteri Italia Antonio Tajani, yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Italia pada Kamis pagi.

Dikutip dari laman Russia Today, Jumat (7/4/2023), Berlusconi memimpin partai Forza Italia, yang merupakan bagian dari koalisi sayap kanan yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Giorgia Meloni, meskipun ia tidak berperan dalam pemerintahan.

Baca juga: Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Dilarikan ke Rumah Sakit

Mantan PM Italia itu memulai kursus kemoterapi pada Rabu lalu dan tetap berada dalam kondisi stabil pada Kamis kemarin.

Partai Forza Italia juga merilis pernyataan yang menekankan bahwa Berlusconi telah menyerukan 'komitme' maksimum" di parlemen setelah ia dirawat di rumah sakit.

Berlusconi yang seringkali kontroversial ini telah menjadi pemain semi permanen dalam politik Italia selama beberapa dekade.

Ia menjabat sebagai PM Italia pada periode 1994 hingga 1995, 2001 hingga 2006, dan 2008 hingga 2011.

Sementara itu, ia diskors dari panggung politik selama enam tahun setelah tersandung tuduhan penipuan pajak, namun kembali ke senat Italia pada tahun lalu setelah pemilihan nasional.

Baca juga: Punya Akun TikTok, Silvio Berlusconi Unggah Lelucon Tentang Putin, Biden, dan Dirinya sendiri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat