androidvodic.com

Rencana Gunakan Depleted Uranium, Rusia Tuding Inggris Ingin Membumihanguskan Ukraina - News

News -- Rusia menuding Inggris ingin membumihanguskan wilayah Ukraina dengan memasok Kiev dengan amunisi depleted uranium.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menyebut dampak senjata pemusnah massal tersebut bukan hanya terjadi pada militer yang bertikai, tetapi setelah peperangan selesai.

Setelah terkontaminasi depleted uranium, lingkungan sekitarnya akan rusak dalam jangka waktu yang lama.

"Inggris, dengan memasok amunisi uranium yang habis ke Ukraina, ingin mengubah wilayahnya menjadi tanah yang hangus dan sunyi. Tidak ada bahasa Rusia yang akan digunakan di sana, tidak ada bahasa Ukraina yang akan digunakan di sana, hanya akan ada keheningan. Seperti di Pripyat dan Chernobyl, " tulisnya di saluran Telegramnya pada hari Senin (10/4/2023).

Baca juga: Rusia Klaim Kuasai 75 Persen Wilayah Bakhmut, Ukraina Tuduh Kremlin Lakukan Bumi Hangus

Zakharova mengingatkan bahwa amunisi depleted uranium diproduksi secara massal dan digunakan dalam operasi NATO.

"Sebagian besar, operasi dengan amunisi semacam itu di kontingen NATO dilakukan oleh prajurit Italia. Area tanggung jawab tentara Italia di Yugoslavia termasuk wilayah di mana lebih dari setengah dari semua amunisi depleted uranium ditembakkan," dia menambahkan.

"Orang Serbia adalah korban pertama dan orang Italia di urutan kedua, mempelajari bagaimana depleted uranium mempengaruhi personel yang menggunakannya," kata Zakharova.

Dia menunjuk pada meningkatnya jumlah tuntutan hukum yang diajukan oleh orang Italia terhadap kementerian pertahanan negara itu.

"Alasan yang mendasarinya sama, kanker. Kanker akibat penanganan amunisi depleted uranium," katanya.

Sekretaris Negara Bagian Parlemen Inggris Baroness Annabel Goldie mengatakan dalam tanggapan tertulis atas pertanyaan anggota House of Lords pada bulan Maret bahwa Inggris akan memasok Ukraina dengan peluru yang mengandung depleted uranium dan meningkatkan efisiensi dalam menghancurkan kendaraan lapis baja.

Kementerian Pertahanan Inggris menggambarkan depleted uranium sebagai komponen standar amunisi penembus lapis baja, yang telah digunakan selama beberapa dekade.

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-411 Invasi: Rusia Klaim Hancurkan Gudang Militer Ukraina

Mengomentari keputusan otoritas Inggris, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia akan dipaksa untuk menanggapi fakta bahwa "Barat sudah mulai menggunakan senjata dengan komponen nuklir."

Kedutaan Rusia di Inggris memperingatkan London agar tidak mentransfer amunisi depleted uranium ke Kiev.

Komentar misi diplomatik menekankan bahwa langkah itu penuh dengan eskalasi konflik, sementara penggunaan amunisi semacam itu di Ukraina akan mempengaruhi kesehatan penduduk setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat