androidvodic.com

Mantan Presiden Perusahaan Jepang Kasus Suap Menyesali Perbuatannya di Pengadilan - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Shinichi Ueno, 68, mantan presiden raksasa periklanan ADK Holdings, yang ditangkap atas dugaan suap dalam skandal korupsi seputar Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, dicurigai menerima suap, menyesali perbuatannya dan  mengakui perbuatannya yang tidak benar itu di pengadilan Tokyo Kamis ini (13/4/2023).

"Saya benar-benar menyesali perbuatan di waktu lalu itu dan tidak sadar kalau itu sebenarnya dilarang hukum karena yang saya tahu sebagai Biaya konsultasi yang sah," ungkap Ueno di pengadilan Tokyo siang ini (13/4/2023).

Terungkap pada tanggal 21 dalam sebuah wawancara dengan orang yang bersangkutan.

Menyangkal kolusi dengan bawahannya, dia berkata, "Jika Anda menganggap semuanya sebagai suap, itu uang yang banyak, dan itu tidak sebanding dengan kompensasi untuk proyek Olimpiade."

Tersangka Ueno dianggap bersekongkol dengan Shigeharu Hisamatsu (63), mantan manajer umum perusahaan, dan Toshiaki Tada (60), mantan asisten manajer umum perusahaan, untuk terlibat dalam bisnis kontrak sponsor sebagai agen kerjasama penjualan untuk mendukung Dentsu dan dicurigai  meminta seseorang dan memberi suap.

Takahashi, mantan pekerja Dentsu dan Direktur Panitia Olimpiade 2020, dikatakan telah menerima total sekitar 47 juta yen yang undang-undang pembatasan 5 tahun untuk suap dan biaya suap belum berakhir.

Sedangkan Ueno dan lainnya diyakini telah memberikan biaya konsultasi yang melanggar undang-undang. Dia ditangkap dengan memberikan total suap sekitar 14 juta yen.

Menurut orang yang mengetahui masalah ini, beberapa bulan setelah Ueno menjabat sebagai mantan presiden Asatsudikei (ADK) pada Maret 2013, perusahaan tersebut menandatangani kontrak dengan Commons, di mana Takahashi menjabat sebagai ketua, dan membayar 500.000 yen per bulan sebagai biaya konsultasi kepada Takahashi.

Sebanyak sekitar 50 juta yen disediakan pada Januari 2010.

Pada tahun 2018, ia terlibat dalam kontrak sponsorship dengan Park 24, sebuah perusahaan tempat parkir besar, dan menerima biaya pengiriman ulang sekitar 40 juta yen dari Dentsu tempat ex Takahashi bekerja.

Pada bulan Desember tahun yang sama, sekitar 20 juta yen, setengah dari jumlah tersebut, ditransfer ke rekening atas nama perusahaan tidak aktif "Amuse" (dibubarkan) yang ditunjuk oleh Takahashi.

Menurut penyelidikan oleh Departemen Investigasi Khusus, Ueno berkata, "Itu adalah biaya saran untuk menjadikan acara olahraga Olimpiade sebagai pilar bisnis kami."

Dia menjelaskan bahwa dia tidak tahu tentang pendanaan Amuse sampai diselidiki.

Sidang masih akan dilanjutkan pertengahan Mei 2023 mendatang.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat