androidvodic.com

Kandang Ternak Terbesar di Texas Alami Kebakaran Besar, 18.000 Sapi Perah Mati Dilahap si Jago Merah - News

News, TEXAS – Southfork Dairy Farms, sebuah peternakan sapi perah di kota Dimmitt Texas Amerika Serikat (AS) dilaporkan meledak dan mengalami kebakaran hebat.

Sejumlah petugas pemadam dan personel kepolisian setempat langsung dikerahkan ke lokasi kejadian pasca ledakan terjadi.

Namun sayangnya 18.000 sapi perah yang ada di dalam peternakan itu mati terbakar setelah gagal diselamatkan. Belum diketahui penyebab dari munculnya kebakaran peternakan ini.

Baca juga: Karyawan Google di London Lakukan Aksi Demo Terkait Perselisihan PHK

Komisaris Pertanian Texas, Sid Miller sendiri hingga kini masih melakukan investigasi secara menyeluruh untuk menentukan penyebab pasti dari insiden tragis itu.

Hingga saat ini belum ditemukan adanya korban jiwa dalam insiden kebakaran ini, akan tetapi menurut Institut Kesejahteraan Hewan (AWI) yang berbasis di Washington DC, kebakaran tersebut merupakan kebakaran gudang yang paling mematikan sejak tahun 2013 ini.

"Ini adalah kebakaran peternakan paling mematikan dalam sejarah Texas dan penyelidikan serta pembersihan mungkin memakan waktu lama," kata Komisaris Pertanian Texas, Sid Miller, Kamis (13/4/2023).

“Akan tetapi setelah kami mengetahui penyebab dan fakta seputar tragedi ini, kami akan memastikan masyarakat mendapat informasi lengkap sehingga tragedi seperti ini dapat dihindari di masa mendatang," tambah Miller.

Mengutip dari The Guardian ledakan pertama kali muncul akibat tekanan yang terjadi di sistem pembersihan kotoran ternak dari tangka. Tekanan ini kemudian memicu munculnya uap panas.

Lantaran uap yang terkumpul sudah terlalu menumpuk, sehingga menyebabkan ledakan dan kebakaran besar .

Mengantisipasi terjadinya kebakaran serupa, kini pemerintah Texas tengah menggandeng Institut Kesejahteraan Hewan untuk mulai memperketat sistem peternakan dengan tujuan melindungi keselamatan hewan dari ancaman kebakaran.

Baca juga: Putra miliarder Yaman akui keterlibatannya dalam kasus kematian seorang mahasiswi di London 15 tahun lalu

Terlebih selama beberapa dekade terakhir beberapa peternakan hewan sapi di Texas kerap mengalami kebakaran hebat , misalnya pada tahun 2023 silam dimana saat itu ada 6,5 juta hewan ternak yang terbunuh akibat insiden tersebut.

Tak hanya itu menurut organisasi perlindungan hewan AWI, hampir 3 juta hewan ternak mati sementara 1,76 juta ekor ayam terpanggang akibat kebakaran yang melanda peternakan Texas pada tahun 2021 lalu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat