androidvodic.com

Kronologi Bom Meledak di Wakayama, Targetkan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida - News

News - Sebuah bom pipa meledak di dekat Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, saat berpidato di Kota Wakayama, Jepang, pada Sabtu (15/4/2023) sekira pukul 11.25 waktu setempat.

Bom itu dilemparkan oleh seorang pria dan mengarah ke lokasi Perdana Menteri Fumio Kishida.

Saat pelaku melemparkan bom, Perdana Menteri Fumio Kishida sedang berbicara dengan seorang kandidat dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, sebelum dia berpidato.

Kemudian, terdengar suara ledakan keras dan terlihat asap mengepul di udara.

Dalam cuplikan video yang disiarkan oleh media Jepang, terlihat orang-orang yang berkumpul di tempat kejadian, berlari untuk mencari perlindungan, seperti diberitaka Japan Today.

Baca juga: PM Jepang Fumio Kishida Diduga Dilempar Bom, Terdengar Ledakan Besar, Proses Evakuasi Dramatis

NHK Jepang melaporkan, Perdana Menteri Fumio Kishida berlindung di lokasi kejadian dan tidak terluka.

Perdana Menteri Fumio Kishida langsung pergi dengan mobil dari lokasi itu.

Pelaku Ditangkap

Ledakan keras terjadi di pelabuhan perikanan di Kota Wakayama, Prefektur Wakayama, Jepang, Sabtu (15/4/2023) sesaat sebelum Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan memberikan pidatonya. Polisi menangkap pelaku pengeboman di Wakayama.
Ledakan keras terjadi di pelabuhan perikanan di Kota Wakayama, Prefektur Wakayama, Jepang, Sabtu (15/4/2023) sesaat sebelum Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan memberikan pidatonya. Polisi menangkap pelaku pengeboman di Wakayama. (Koresponden News/Richard Susilo)

Kantor berita lokal Kyodo News melaporkan, seorang pria telah ditangkap setelah melemparkan bom asap.

"Benda perak berbentuk silinder telah terbang sekitar dua meter di depan saya sesaat sebelum ledakan terdengar," kata seorang anggota dewan kota yang berada di tempat kejadian mengatakan kepada NHK.

Saksi mata lain juga mengatakan, melihat silinder perak yang dilempar dan kemudian bersinar sedikit sebelum terdengar suara ledakan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Fumio Kishida sedang berpidato, yang menjadi bagian dari kampanye resmi untuk pemilihan sela majelis rendah untuk distrik Wakayama, seperti diberitakan CNN International.

Seorang pria ditangkap setelah melemparkan bom asap di Wakayama pada 15 April 2023. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dievakuasi dari pelabuhan di Wakayama setelah ledakan terdengar, tetapi dia tidak terluka dalam insiden tersebut.
Seorang pria ditangkap setelah melemparkan bom asap di Wakayama pada 15 April 2023. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dievakuasi dari pelabuhan di Wakayama setelah ledakan terdengar, tetapi dia tidak terluka dalam insiden tersebut. (STR/JIJI Press/AFP)

Baca juga: Warga Berlarian saat Ledakan Terjadi di Wakayama, PM Jepang Fumio Kishida Dievakuasi

Bom Targetkan Politisi Jepang

Insiden itu terjadi beberapa bulan setelah serangan bom yang ditembakkan ke mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, hingga meninggal dunia pada Juli 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat