androidvodic.com

AS Janji Bikin Pyongyang Menderita Jika Serang Korsel Dengan Senjata Nuklir - News

News – Amerika Serikat mengancam bakalan membalas jika Korea Utara menyerang Korea Selatan atau AS dengan senjata nuklir.

Serangan balasan itu disebut akan menjadi malapetaka bagi negeri Kim Jong Un, karena bisa menyebabkan Pyongyang sangat menderita.

Presiden AS Joe Biden menyatakan di bawah perjanjian baru antara Washington dan Seoul, AS akan menanggapi serangan semacam itu dengan senjata nuklir.

Baca juga: Kim Jong Un Ngamuk Perintahkan Militer Korut Untuk Persiapkan Agresi ke Korsel

"Serangan nuklir oleh Korea Utara terhadap Amerika Serikat atau sekutu atau mitranya tidak dapat diterima dan akan mengakibatkan berakhirnya rezim apa pun yang mengambil tindakan seperti itu," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, Rabu (26/4/2023).

Berbicara bersama Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol menyatakan bahwa “perdamaian berkelanjutan di semenanjung Korea tidak terjadi secara otomatis.”

“Kita dapat mencapai perdamaian melalui keunggulan kekuatan yang luar biasa dan bukan perdamaian palsu berdasarkan niat baik pihak lain,” kata Yoon, menambahkan bahwa jika terjadi serangan nuklir dari utara, AS dan Korea Selatan akan “merespons dengan cepat, luar biasa, dan tegas menggunakan kekuatan penuh aliansi, termasuk senjata nuklir AS.”

Kata-kata Biden menggemakan kata-kata pendahulunya, Donald Trump, yang pada 2017 memperingatkan Korea Utara bahwa dia akan menanggapi dengan "api dan amarah yang belum pernah dilihat dunia" jika negara itu mengancam AS dengan senjata nuklir.

Meskipun utara menguji bom nuklir sebulan kemudian, Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un setuju untuk melakukan detente dan melanjutkan untuk bertemu beberapa kali, dan uji coba rudal utara terhenti untuk sebagian besar sisa waktu Trump di kantor.

Tes-tes ini telah dimulai kembali dan ditingkatkan. Pyongyang telah menguji coba lebih dari 100 rudal sejak awal 2022, dan bulan ini menguji rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat pertama dan drone serangan bawah air berkemampuan nuklir.

Baca juga: Profil Korea Utara, Dipimpin oleh Kim Jong Un Sejak 2018, Populasi Capai 25,9 Juta

Para pejabat di Washington dan Seoul telah mengklaim sejak tahun lalu bahwa Korea Utara bersiap untuk uji coba senjata nuklir ketujuh di bawah tanah.

Pendahulu Yoon, Moon Jae-in, sebagian besar sejalan dengan kebijakan penjangkauan diplomatik Trump ke Kim.

Yoon, bagaimanapun, telah mengambil sikap yang lebih keras terhadap tetangganya di utara.

Dalam pidatonya di bulan Januari, Yoon mengangkat kemungkinan pemerintahannya memperoleh "senjata nuklir kita sendiri", sesuatu yang diinginkan lebih dari dua pertiga warga Korea Selatan, menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Baca juga: Siap Perang, Kim Jong Beri Titah Militernya untuk Intensifkan Latihan

Perjanjian yang ditandatangani pada hari Rabu telah mengakhiri gagasan itu, karena menetapkan bahwa Seoul tidak akan mengejar persenjataan nuklirnya sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat