androidvodic.com

Serangan Balik Terhadap Rusia Telah Dimulai? Ukraina Buat Kemajuan di Sekitar Bakhmut - News

News - Kementerian pertahanan Rusia mengklaim serangan balik Ukraina telah dimulai, menunjuk pada serangan intensif di Ukraina timur selama beberapa hari terakhir.

Pada hari Jumat (12/5/2023), kementerian tersebut mengatakan bahwa Ukraina telah melancarkan 26 serangan di sepanjang garis depan sepanjang 60 mil di dekat Bakhmut dan kota terdekat Soledar, Financial Times melaporkan.

Serangan itu melibatkan lebih dari 1000 tentara dan 40 tank.

Kementerian itu menyebut pasukan Rusia telah ditempatkan kembali ke posisi yang "lebih menguntungkan" di beberapa lokasi tetapi mengatakan mereka dapat menghentikan pasukan Ukraina untuk membuat terobosan.

Di sisi lain, Ukraina membantah bahwa serangan balasannya sedang berlangsung.

Kyiv mengatakan pihaknya masih melakukan operasi pertahanan di daerah yang telah mengalami pertempuran sengit selama beberapa bulan.

Baca juga: Populer Internasional: Imran Khan Dibebaskan dengan Jaminan - Pasukan Rusia Mundur ke Utara Bakhmut

"Apa yang terjadi sekarang? Pasukan musuh maju ke timur dalam beberapa arah. Kami bertahan,” kata wakil menteri pertahanan Ukraina Hanna Maliar.

“Langkah-langkah defensif tidak hanya mencakup pertahanan secara harfiah, tetapi juga serangan balik.”

Maliar menambahkan bahwa pasukan Rusia telah didorong mundur lebih dari satu mil dari posisi mereka di sisi selatan dekat Bakhmut.

Aksi itu menandai kemajuan teritorial paling signifikan Kyiv di sekitar kota Bakhmut dalam beberapa bulan.

Beberapa analis menyebut mungkin sulit untuk mengidentifikasi kapan awal serangan balik Ukraina terjadi.

Tetapi Konrad Muzyka, seorang analis pertahanan independen dan direktur Rochan Consulting, yang mengamati perang tersebut, mengatakan pada hari Jumat bahwa dia sekarang hampir yakin serangan balasan sedang berlangsung, merujuk serangan Bakhmut.

Di depan umum, pejabat Ukraina berhati-hati ketika berbicara tentang kapan dan bagaimana serangan balasan akan dilanjutkan.

Tetapi blogger militer Rusia yakin Ukraina telah memperoleh keuntungan, dengan mengatakan pasukan Kyiv telah mendorong pasukan Rusia mundur dari jalan penting dan merebut kembali wilayah di utara kota Bakhmut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat